get app
inews
Aa Read Next : Satgas Damai Cartenz Tangkap Penyuplai Senjata dan Anggota KKB Papua

Terungkap, Dua Negara Ini Jadi Sumber Senjata Api KKB Papua

Kamis, 25 Mei 2023 | 14:50 WIB
header img
Mendagri Tito Karnavian mengungkap dua negara menjadi sumber senjata KKB Papua. (foto: Kodam Cenderawasih)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Pemasok senjata api kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua terungkap. Ternyata, ada dua negara tetangga Indonesia yang selama ini menjadi sumber senjata api yang digunakan menebar teror di Papua.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengungkapkan, sumber senjata KKB Papua bisa dilacak sumber dan jalur pemasoknya. Hal itu diketahuinya lantaran pernah menjabat sebagai Kapolda Papua.

Tito menyebut, salah satu negara yang menjadi sumber senjata api KKB adalah Papua Nugini. Senjata dari negara yang berbatasan langsung dengan Papua itu diselundupkan melalui jalur tikus. 

"Saat menjabat kapolda Papua, ada beberapa kasus tapi tidak banyak (pasokan senjata KKB dari Papua Nugini). Diselundupkan lewat perbatasan," ujar Tito, dilansir dari iNews.id, Kamis (25/5/2023). 

Menurutnya, setelah melewati perbatasan melalui jalur darat, senjata api selundupan itu kemudian di sebar ke wilayah Jayapura hingga Merauke sesuai permintaan. Namun, Tito menyebut jika kasus senjata ilegal yang masuk melalui jalan tikus pada perbatasan Papua-PNG dinilai Tito tidak banyak. 

Selain Papua Nugini, senjata milik KKB juga berasal dari Filipina. Pembelian dilakukan kemudian diselundupkan melalui jalur laut. Apalagi, produksi senjata api yang berbatasan langsung dengan Sulawesi Utara itu berbasis industri rumahan.

"Kualitas senjata api buatan home industry Filipina sangat bagus sehingga diminati. Diselundupkan melalui jalur laut dan udara. Termasuk yang penangkapan pilot beberapa waktu lalu," katanya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut