get app
inews
Aa Read Next : Dinkes Kaltim Siagakan Nakes Keliling TPS, Pantau Kesehatan Petugas KPPS

Dinkes Kaltim Salurkan 40.000 Dosis Vaksin Booster Kedua

Rabu, 01 Februari 2023 | 21:16 WIB
header img
Dinkes Kaltim menyiapkan 40.000 dosis vaksin booster kedua. (foto: ilustrasi/reuters)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Pemprov Kalimantan Timur menyediakan 40.000 dosis vaksin Covid-19 booster kedua. Masyarakat yang belum melakukan vaksinasi dosis keempat diimbau segera ke puskemas untuk mempercepat kekebalan komunal.

Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Jaya Mualimin mengatakan, pemberian vaksin booster kedua sudah dimulai sejak 24 Januari 2023 dan sudah disalurkan ke puskesmas di 10 kabupaten/kota.

"Kesiapan stok vaksin itu sendiri sudah tersedia sejak 24 Januari 2023 sebanyak 40 ribu dosis yang sudah kita sebar di seluruh Kabupaten dan Kota," terang pada dialog virtual, Rabu (1/2/2023).

Jaya menjelaskan, vaksin booster kedua ini bisa diberikan kepada masyarakat yang berusia 18 tahun ke atas dan sudah mendapatkan booster pertama. Selain itu, jarak antara booster pertama dan kedua minimal enam bulan.

"Jadi silakan saja mendaftar pada puskemas-puskesmas, rumah sakit atau klinik yang memang ada stok vaksinasi Covid-19 booster kedua," pintanya.
 
Untuk mempercepat dan memperluas cakupan vaksinasi, Dinkes membuka gerai vaksin di Kantor Gubernur Kaltim. Menurutnya, gerai ini cukup diminati dengan jumlah peminat mencapai 300 orang per hari.

Jaya juga menyoroti rendahnya kesadaran lansia untuk melakukan vaksinasi booster. Padahal, lansia merupakan kelompok paling rentan terkena serangan Covid-19. Untuk itu, dia mengimbau keluarga yang memiliki lansia untuk segera mengikuti vaksinasi booster.

"Vaksin booster kedua ini untuk menjaga imunitas dan menjadi salah satu upaya mencegah varian baru Covid-19," pungkasnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut