get app
inews
Aa Read Next : Dinkes Kaltim Salurkan 40.000 Dosis Vaksin Booster Kedua

Vaksin Tersedia di Puskesmas, Masyarakat Diimbau Segera Booster Dosis Kedua

Jum'at, 27 Januari 2023 | 06:01 WIB
header img
Warga diimbau untuk segera melakukan vaksinasi booster kedua di seluruh puskesmas. (foto: ilustrasi/ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id – Masyarakat Kalimantan Timur (Kaltim) diimbau segera melakukan vaksinasis Covid-19 dosis keempat atau booster kedua. Saat ini, stok vaksin sudah tersedia di seluruh puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim Jaya Mualimin mengatakan, vaksin booster dosis kedua sudah dimulai sejak 24 Januari 2023 dan dapat disuntikkan pada masyarakat usia 18 tahun ke atas. 

Layanan vaksin booster kedua bisa didapatkan di seluruh puskesmas. Karena itu, Jaya mengimbau kepada masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi booster kedua.

"Booster kedua ini bertujuan untuk menguatkan imun dan menjadi salah satu upaya mencegah varian baru," katanya dikutip dari laman Pemprov Kaltim, Jumat (27/1/2023).

Dia menjelaskan, vaksin yang digunakan untuk dosis booster kedua ini adalah vaksin Covid-19 yang telah mendapat persetujuan penggunaan dalam kondisi darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dengan memperhatikan ketersediaan vaksin yang ada.

Syarat pemberian vaksin booster kedua adalah berusia di atas 18 tahun dan telah melewati masa 6 bulan dari vaksin booster pertama. Jaya juga memastikan pemberian vaksin booster ini tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. 

“Pemberian vaksin booster dijamin gratis. Kalau ada yang berbayar, segera dilaporkan ke Dinkes atau Pemprov,” tegasnya. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut