get app
inews
Aa Read Next : Dinkes Kaltim Salurkan 40.000 Dosis Vaksin Booster Kedua

Dimulai Besok, Ini Syarat Dapat Vaksin Booster Covid-19

Selasa, 11 Januari 2022 | 10:10 WIB
header img
Vaksin Covid-19.(Foto:Ist)

JAKARTA, iNews.id - Pemberian vaksin booster Covid-19 akan dimulai Rabu (12/1/2022) besok. Vaksin dosis ketiga ini hanya akan diberikan kepada masyarakat yang berusia 18 tahun ke atas.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto menegaskan, vaksin booster akan mulai diberikan pada 12 Januari 2022. 
Adapun vaksin booster yang sudah mendapatkan EUA dari BPOM yaitu vaksin Sinovac/ CoronaVac, Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Zifivax.  

"Berdasarkan hasil kajian, booster itu akan diberikan pada sasaran usia 18 tahun ke atas,” kata Menko Airlangga, dalam keterangan, Senin (10/1/2022).  

Dia mengungkapkan, capaian vaksinasi Covid-19 secara nasional untuk Dosis-1 sebesar 81,7 persen, dengan sejumlah 256 Kabupaten/ Kota yang telah mencapai di atas 70 persen untuk cakupan Dosis-1 Umum dan 60 persen cakupan Dosis-1 Lansia.  

Sementara, laju rata-rata vaksinasi dalam seminggu terakhir adalah 766.830 Dosis/ hari. Vaksinasi Dosis Primer Lengkap ditargetkan selesai pada Kuartal II 2022, dengan target vaksinasi harian sebesar 1,2 Juta/ hari.  

Dia menjelaskan, untuk Vaksin Merah Putih, sudah ada beberapa yang masuk pada tahap uji coba, seperti vaksin Unair-Biotis, serta vaksin BUMN-Baylor. 

"Terkait perkembangan Vaksin Nusantara tentunya akan terus didorong, dan ini diterapkan di RS, tetapi implementasinya agak berbeda karena berbasis pelayanan dalam bentuk imunoterapi untuk meningkatkan imunitas," ujar Menko Airlangga.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut