get app
inews
Aa Read Next : Satelit Mata-mata Rusia Bikin Ketar-ketir Amerika Serikat, Nyaris Tabrak Satelit NASA

Senjata Ini Bikin AS Gentar Serang Rusia, Sanggup Hancurkan Jet Tempur hingga Rudal Balistik

Rabu, 01 Februari 2023 | 21:36 WIB
header img
Sistem rudal pertahanan udara S-500 membuat Amerika Serikat gentar serang Rusia. (foto: bulgarian military)

MOSKOW, iNewsKutai.id - Amerika Serikat berpikir dua kali untuk menyerang Rusia. Deretan senjata canggih milik Kremlin membuat Washington gentar lantaran lebih unggul teknologi.

Salah satu yang paling ditakuti AS adalah deretan rudal pertahanan udara seri S mulai dari S-300, S-400, dan yang terbaru S-500. Rudal hipersonik anti-jelajah itu diakui membuat Rusia sulit diserang sekalipun menggunakan pesawat tempur tercanggih milik AS.

Sistem rudal pertahanan udara buatan Almaz-Antey itu dikembangkan untuk menghancurkan jet tempur, rudal jelajah, rudal balistik, dan pesawat nirawak atau drone. 

"Rusia dan pendahulunya, Uni Soviet, selalu terdepan dalam teknologi rudal," kata pakar militer Inggris Richard Connolly di Universitas Birmingham seperti dilansir RT.

Sekadar diketahui, rudal S-400 dan S-300 merupakan buatan Soviet. Federasi Rusia kemudian menyempurnakan sistem pertahanan udara mobile itu dengan rudal jarak jauh dan sistem rudal anti-balistik S-500 Prometey (Prometheus).

S-500 atau Triumfator-M dan pertama kali dipamerkan pada 2021 dan kini dikerahkan untuk melindungi ibu kota Moskow. Rusia bahkan berencana membentuk 10 Batalion Rudal S-500 dalam beberapa tahun ke depan sejak diproduksi massal tahun lalu. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut