get app
inews
Aa Read Next : Satelit Mata-mata Rusia Bikin Ketar-ketir Amerika Serikat, Nyaris Tabrak Satelit NASA

Senjata Ini Bikin AS Gentar Serang Rusia, Sanggup Hancurkan Jet Tempur hingga Rudal Balistik

Rabu, 01 Februari 2023 | 21:36 WIB
header img
Sistem rudal pertahanan udara S-500 membuat Amerika Serikat gentar serang Rusia. (foto: bulgarian military)

Dilansir military-today, S-500 merupakan desain baru dan berbeda dibanding S-400. Sistem pertahanan anyar ini menggunakan banyak teknologi baru dan lebih unggul dari S-400 dan dirancang untuk mencegat rudal balistik. 

Beberapa sumber mengklaim bahwa sistem S-500 mampu melacak hingga 20 target  dan mencegat hingga 10 target secara bersamaan. Bahkan S-500 mampu mengalahkan rudal balistik yang melaju dengan kecepatan 5-7 kilometer per detik. Rudal S-500 memiliki jangkauan 500-600 km dan mencapai target di ketinggian 40 km.

Keunggulan lain dari sistem pertahanan ini adalah waktu peluncuran yang bisa dilakukan dalam 10 menit. Sistem rudal ini dioperasikan di atas truk kelas berat dan memiliki mobilitas tinggi. 

Sementara radar pendeteksi dan manajemen pertempuran ditarik menggunakan platform mengikuti truk dan dapat beroperasi di medan off-road.

Namun, Rusia tidak sembarangan mengggunakan senjata ini. S-500 hanya dikerahkan untuk menghancurkan rudal balistik antarbenua, pesawat pengintai, dan pesawat tempur. 

"S-500 merupakan pukulan terhadap prestise Amerika. Sistem kami menetralkan senjata ofensif Amerika, dan melampaui semua sistem anti-udara dan anti-rudal Amerika yang sangat digembar-gemborkan,” kata kepala insinyur Almaz-Antey Pavel Sozinov pada media Rusia dikutip dari laman nationalinterest. 

(Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com dengan judul : AS Akui Rusia Sulit Diserang dari Udara dengan Pesawat Secanggih Apapun)

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut