get app
inews
Aa Read Next : Gempa Tuban Bikin Kalimantan Bergetar, Warga Banjarmasin Panik Berhamburan Keluar Rumah

Suhu Udara Turki di Bawah 0 Derajat Celsius, Korban Gempa Terancam Membeku

Selasa, 07 Februari 2023 | 09:39 WIB
header img
Korban gempa Turki terancam membeku menyusul penurunan suhu udara di bawah titik beku. (foto: hindustan times)

ANKARA, iNewsKutai.id – Korban tewas akibat gempa dahsyat yang menguncang Turki, Senin (6/2/2023) dinihari diperkirakan bisa tembus puluhan ribu orang. Penyebabnya, udara yang membeku mengancam korban selamat yang masih tertimbun di bawah reruntuhan.

Suhu udara di selatan Turki yang menjadi lokasi paling parah terdampak gempa turun hingga di bawah 0 derajat celsius. Situasi ini membuat para korban diperkirakan akan sulit bertahan di tengah terbatasnya tim evakuasi.

Ancaman serupa juga dialami korban gempa yang kehilangan tempat tinggal. Suhu yang membeku di ruang terbuka tanpa perlindungan membuat para pengungsi menjadi rentan meski selamat dari gempa.

Produser Al Jazeera di Gaziantep Turki, Ahmed al-Khatib dalam laporannya menyatakan jika warga yang selamat tidak memiliki tempat berlindung dan memilih bertahan di luar gedung meski suhu udara di bawah titik beku

"Mereka lebih suka berdiri di luar dengan cuaca di bawah nol derajat celsius, terlalu dingin. Ketika saya berbicara dengan Anda, saya gemetar,” katanya, Senin (6/2/2023) malam waktu setempat.

Sesaat setelah gempa, Turki bahkan diguyur hujan sehingga semakin menyulitkan evakuasi. Badai salju juga diprediksi masih akan terjadi setelah melanda negara itu akhir pekan lalu.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut