get app
inews
Aa
Read Next : Fantastis, Gaji Kepala Otorita IKN Nusantara Rp172 Juta per Bulan, Dana Operasional Rp178 Juta

Jokowi Target Jalan Tol IKN Rampung Akhir 2024, Pangkas Waktu Tempuh ke Balikpapan jadi 30 Menit

Kamis, 23 Februari 2023 | 08:47 WIB
header img
Jalan Tol Akses IKN Nusantara ditargetkan rampung akhir 2024 mendatang. (foto: inewskutai.id/abriandi)

SEPAKU, iNewsKutai.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pembangunan Jalan Tol IKN Nusantara rampung paling lambat akhir 2024 mendatang. Akses tersebut akan memangkas jarak tempuh dari Balikpapan ke ibu kota menjadi 30 menit.

Dalam kunjungan singkatnya ke lokasi pembangunan jalan tol, Jokowi menyebut jika jalan tol tersebut akan menjadi infrastruktur pertama menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Akses ini akan mempermudah mobilitas dari IKN menuju Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan dan sebaliknya.

"Jalan tol dari Balikpapan menuju ke kawasan inti yang jaraknya kurang lebih 40 kilometer. Nanti bisa ditempuh kurang lebih 30 menit dari Balikpapan. Kondisi lapangannya bisa lihat, kita targetkan rampung akhir 2024," jelas Jokowi, Rabu (22/2/2023).

Jalan Tol Akses IKN akan tersambung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, tepatnya di KM 11. Saat ini sedang diselesaikan Tol akses IKN Segmen 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 12,66 km.

Kemudian, Segmen 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,32 km, dan Segmen 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang. "Kita harapkan ini menjadi infrastruktur pertama yang dibangun dalam rangka pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara," ujar Jokowi.

Terkait kendala lahan, Jokowi memastikan jika proses pembebasan tanah milik warga sudah diselesaikan. "Pembebasan lahan juga sudah selesai. Hari ini tadi info pak Menteri sudah beres dan akan dibayar Maret 2023,"pungkasnya. 

Selain jaan tol, Kementerian PUPR juga tengah mengerjakan Jalan Lingkar Sepaku untuk mendukung konektivitas menuju Kawasan KIPP IKN. Adapun yang telah selesai  Segmen 1, 2, dan 3 sepanjang 5,7 km dan sisanya Segmen 4 masih tahap konstruksi.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan, pembangunan Jalan Lingkar Sepaku dilaksanakan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur terdiri dari 4 segmen.

Segmen 1 sepanjang 1,75 km dengan biaya APBN Rp66,6 miliar selesai Januari 2023. Sementara Segmen 2 sepanjang 1,85 km selesai November 2022 dengan nilai Rp56,6 miliar dan Segmen 3 sepanjang 2,17 km senilai Rp63,9 miliar.  

"Untuk Segmen 1,2,dan 3 saat ini sudah PHO (Provisional Hand Over), selanjutnya Segmen 4 sudah pekerjaan konstruksi ditargetkan selesai Mei 2024," ucap Danis.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut