get app
inews
Aa Read Next : Terungkap, Mahalini Mualaf Sebelum Dinikahi Rizky Febian

Heboh Pendeta Katolik Mualaf, Terinspirasi Surah Alquran Tentang Penciptaan Manusia

Selasa, 28 Februari 2023 | 07:52 WIB
header img
Hilarion Heagy, pendeta Katolik terkemuka di California, Amerika Serikat memutuskan menjadi mualaf. (foto: cairo times)

CALIFORNIA, iNewsKutai.id - Komunitas Katolik California, Amerika Serikat dibikin geger oleh Pendeta Hilarion Heagy. Penyebabnya, imam Katolik terkemuka di Timur Amerika itu memutuskan mualaf dan memeluk agama Islam.

Padahal, dia merupakan pendeta  yang cukup disegani. Bahkan, sebelum mengumumkan dirinya mualaf, Heagy berencana mendirikan Eastern Christian Monastery (Biara Kristen Timur) di California. 

Dilansir Middle East Monitor, Heagy yang kini menggunakan nama Said Abdul Latif mengatakan mengambil risiko dengan memutuskan menjadi muslim. Dia mengaku, keputusannya dilandasi ketertarikan pada Islam dalam berbagai tingkatan. 

"Saya tinggal di biara Katolik sehingga diperlukan langkah fisik dan teratur untuk memutuskan ini. Saya tidak bisa menjadi biarawan secara terbuka, dan seorang Muslim secara pribadi," lanjut dia, seperti dikutip Sindonews, Selasa (28/2/2023).

Terkait alasannya menjadi muallaf, Heagy memberikan penjelasan dengan mengutip Alqur'an Surah Al-A'raf Ayat 172. 

"Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu mengeluarkan dari sulbi (tulang belakang) anak cucu Adam keturunan mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap roh mereka (seraya berfirman), 'Bukankah Aku ini Tuhanmu?' Mereka menjawab, 'Betul (Engkau Tuhan kami), kami bersaksi'. (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari Kiamat kamu tidak mengatakan, "Sesungguhnya ketika itu kami lengah terhadap ini," bunyi terjemahan dalil Alqur'an tersebut yang dikutip Heagy. 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut