get app
inews
Aa Read Next : Satelit Mata-mata Rusia Bikin Ketar-ketir Amerika Serikat, Nyaris Tabrak Satelit NASA

Ngeri, Asteroid Raksasa Seukuran Stadion Sepak Bola Mendekat ke Bumi

Minggu, 05 Maret 2023 | 08:04 WIB
header img
Asteroid raksasa seukuran lapangan sepak bola mendekati bumi. (foto: ilustrasi/Foto LiveScience)

JAKARTA, iNewsKutai.id - NASA memperingatkan asteroid raksasa sedang bergerak mendekati bumi. Center for Near-Earth Object Studies NASA menyatakan asteroid seukuran lapangan sepak bola itu masuk kategori potensi berbahaya.

Dilansir dari Metro, Minggu (5/3/2023), asteroid itu dinyatakan berbahaya karena melintas dalam jarak yang relatif dekat dari planet yang dihuni manusia.

Saat ini, asteroid itu teridentifikasi masih berjarak sekitar 4,4 juta kilometer dari bumi. Benda langit itu bergerak bersama 4 asteroid lainnya dengan ukuran lebih kecil.

Untuk identifikasi, NASA memberi nama asteroid seukuran stadion itu ED 125. Diperkirakan, asteroid itu memiliki lebar 213 m dan jaraknya saat ini hanya 11 kali jarak antara bumi dan bulan. 

Dalam keterangannya, NASA menyebut asteroid hanya akan melintasi Bumi dengan jarak yang aman. Ia tidak mengarah langsung ke Bumi meskipun jaraknya setiap hari semakin dekat.

Asteroid terbesar kedua adalah 2021 QW, yang berukuran 76 m, menjadikannya seukuran bangunan. Itu akan melewati jarak aman 5,3 juta km dari Bumi. Sementara dua asteroid lainnya yakni BM123 2017 dan 2023 DX berukuran sebesar pesawat terbang.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut