get app
inews
Aa Read Next : Tanda-tanda Kiamat yang Sudah Terlihat Sesuai Hadis, Wajib Dibaca!

Asteroid Bennu Bakal Tabrakan dengan Bumi, Bisa Memicu Kiamat?

Kamis, 21 September 2023 | 12:45 WIB
header img
Asteroid Bennu akan bertabrakan dengan bumi dan berpotensi memicu kiamat. (Foto ilustrasi/Istimewa)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Bumi diprediksi akan bertabrakan dengan Asteroid Bennu. Asteroid ini disebut berpotensi memicu kiamat karena kerusakan yang ditimbulkan mencapai 600 mil atau 956 kilometer persegi dari zona tumbukan.

Asteroid pemicu kiamat ini diprediksi akan bertabrakan dengan bumi pada 2300. Ilmuwan NASA telah menjalankan misi untuk meneliti asteroid ini dengan nama OSIRIS-REx. 

Ilmuwan menggunakan pesawat luar angkasa kecil untuk berinteraksi dengan asteroid Bennu yang diprediksi bertabrakan dengan Bumi paling cepat pada 24 September 2182.  

Prediksi sebelumnya menyebutkan, asteroid Bennu memiliki peluang sekitar 1 per 2.700 untuk menabrak Bumi pada 2182. Hanya saja, studi terbaru terhadap orbit asteroid menunjukkan jika benda angkasa itu kemungkinan tidak akan menabrak Bumi sebelum 2300. 

Sekadar diketahui, Asteroid Bennu adalah tumpukan puing berbentuk puncak yang berputar-putar di Tata Surya selama ratusan juta tahun. Asteroid tersebut sebelumnya diyakini benda padat berupa tumpukan puing terikat erat gravitasi.  

Namun, ketika pesawat ruang angkasa OSIRIS-REx mendarat di atasnya pada 2020, ditemukan permukaan tumpukan asteroid tersebut tidak sekuat yang diperkirakan.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut