Logo Network
Network

Tanda-tanda Kiamat yang Sudah Terlihat Sesuai Hadis, Wajib Dibaca!

Lutfan Faizi/Abriandi
.
Jum'at, 06 Oktober 2023 | 09:13 WIB
Tanda-tanda Kiamat yang Sudah Terlihat Sesuai Hadis, Wajib Dibaca!
Tanda-tanda kiamat yang sudah terlihat sesuai hadis Nabi Muhammad SAW. (foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Kiamat dalam Islam berarti kehancuran alam semesta yang diawali dengan tiupan Sangkakala. Tanda-tanda kiamat berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW sudah mulai terlihat saat ini.

Tidak ada yang tahu kapan kiamat akan terjadi. Kehancuran alam semesta menjadi rahasia Allah SWT dan umat Muslim wajib meyakininya. 

Hari kiamat digambarkan dengan baik dalam sejumlah surah Alqur'an. Seperti Surat Al-Waqi'ah (hari kiamat), Al-Haqqah (kenyataan hari kiamat), Al-Qiyamah (hari berbangkit), dan An-Naba' (berita besar).

Kemudian ada surah At-Takwir (menggulung), Al-Infitar (terbelah), Al-Insyiqaq (terbelah), Al-Ghasyiyah (hari pembalasan), dan Az-Zalzalah (kegoncangan). 

Meski waktunya belum diketahui, namun Nabi Muhammad SAW memberikan gambaran tentang tanda-tanda kiamat. Bahkan, tanda-tanda kiamat itu saat sudah terlihat di Jazirah Arab. 

Berikut tanda Kiamat yang sudah terlihat di dunia sesuai hadis: 

1. Sungai Eufrat Mengering 

Sungai Efrat konon memiliki sumber mata air dalam jarak 50 mil (80 km) di Turki timur dan mengalir ke tenggara melalui Suriah utara dan Irak ke ujung Teluk Persia. 

Sejak 2003 silam, ilmuwan menemukan cekungan Sungai Tigris dan Eufrat di bagian Turki, Suriah, Irak, dan Iran telah kehilangan 117 juta kaki acre (144 kilometer kubik) air tawar. 

Hal ini disebut menjadi tanda-tanda kiamat dengan mengacu pada hadis berikut: 

"Kiamat tidak akan terjadi sampai Al-Furat mengering sehingga muncullah gunung emas. Manusia pun saling bunuh untuk memperebutkannya. Dari setiap seratus orang (yang memperebutkannya), terbunuhlah sembilan puluh sembilan orang. Setiap orang dari mereka mengatakan, 'Mudah-mudahan akulah orang yang selamat." (HR Muslim) 

2. Arab Saudi Menghijau 

Arab Saudi hanya daerah tandus dan gersang tanpa sumber air. Seiring waktu, padang pasir di Arab Saudi mulai menghijau dan banyak ditumbuhi pepohonan di berbagai wilayahnya. 

Yang mengejutkan, gurun tandus itu sudah beberapa kali diguyur hujan salju. Mengacu pada hadist dari Abu Hurairah, fenomena ini bisa saja disebut sebagai salah satu semakin dekatnya akhir zaman. Rasulullah SAW pernah bersabda: 

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَعُودَ أَرْضُ الْعَرَبِ مُرُوجًا وَأَنْهَارًا 

Artinya: "Tidak akan tiba hari Kiamat hingga tanah Arab kembali hijau penuh dengan tumbuhan dan sungai-sungai." (HR Muslim) 

Dalam riwayat lain: "Kiamat tidak akan terjadi hingga wilayah arab kembali menjadi tanah yang subur banyak padang hijau dan sungai-sungai. Hingga orang yang melakukan safar antara Iraq dan Makah, tidak ada yang ditakuti selain kegelapan di jalan. Dan tidak muncul Kiamat sampai terjadi banyak pembunuhan." (HR Ahmad 8833) 

Follow Berita iNews Kutai di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.