get app
inews
Aa Read Next : Niat Puasa Syawal dan Keutamaan Mengerjakannya setelah Idul Fitri

Bacaan Niat Puasa Nisfu Syaban Lengkap dengan Arti 

Senin, 06 Maret 2023 | 09:07 WIB
header img
Bacaan niat puasa Nisfu Syaban lengkap dengan artinya. (Foto: Riant Subekti)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Malam Nisfu Syaban akan jatuh pada Selasa 7 Maret 2023. Salah satu amalan yang dianjurkan bagi umat Islam adalah puasa sunnah.

Karena itu, niat puasa Nisfu Syaban, arti, dan keutamaannya penting diketahui umat muslim. Nifsu Syaba disebut sebagai malam yang barokah karena rahmat dan ampunan Allah akan turun pada malam itu. Ibadah pada malam itu diyakini akan mendatangkan banyak berkah.

Puasa Nisfu Syaban merupakan puasa yang dilakukan di bulan Syaban. Adapun bacaan niat puasa Nisfu Syaban sebagai berikut. 

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى 

Nawaitu Shauma Ghadin 'An Adai Sunnati Sya'bana Lillaahi Ta'ala. 

Artinya: "Aku niat puasa sunnah Sya'ban besok hari karena Allah Ta'ala." 

Anjuran melaksanakan puasa Nisfu Syaban ini berdasarkan hadis-hadis shahih dari Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam, di antaranya hadis berikut: 

"Diriwayatkan dari 'Aisyah radhiyallahu'anha , ia berkata: 'Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam sering berpuasa sehingga kami katakan: ‘Beliau tidak berbuka’; beliau juga sering tidak berpuasa sehingga kami katakan: 'Beliau tidak berpuasa'; aku tidak pernah melihat Rasulullah menyempurnakan puasa satu bulan penuh kecuali Ramadlan; dan aku tidak pernah melihat beliau dalam sebulan (selain Ramadhan) berpuasa yang lebih banyak daripada puasa beliau di bulan Syaban." (Muttafaqun 'Alaih).

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut