Logo Network
Network

Serang Kuil Budha, Militer Myanmar Bantai 3 Biksu dan 19 Orang Warga Sipil

Anton Suhartono/Abriandi
.
Jum'at, 17 Maret 2023 | 21:58 WIB
Serang Kuil Budha, Militer Myanmar Bantai 3 Biksu dan 19 Orang Warga Sipil
Jenderal Min Aung Hlaing pemimpin Junta Myanmar. Militer dilaporkan membantai biksu dan warga sipil di Desa Nan Neint. (foto: reuters)

YANGON, iNewsKutai.id - Militer Myanmar menyerang sebuah kuil Budha di Desa Nan Neint, Pinlaung, Negara Bagian Shan. Akibatnya, sebanyak 22 orang tewas dibantai di mana tiga di antaranya merupakan biksu.

Mereka ditembak dari jarak dekat oleh tentara. Juru bicara pemerintahan junta Myanmar Zaw Min Tun membantah adanya korban sipil. Sebaliknya, dia menyebut jika pasukannya terlibat bentrok dengan para pemberontak di Pinlaung.

Menurutnya, Pasukan Pertahanan Kebangsaan Karenni (KNDF) serta kelompok pemberontak lain memasuki Desa Nan Neint setelah pasukan pemerintah tiba untuk menangkap milisi bersenjata setempat. 

"Ketika kelompok teroris melepaskan tembakan secara brutal, beberapa penduduk tewas dan terluka," katanya, dikutip dari Reuters, Jumat (17/3/2023). 

Di sisi lain, juru bicara KNDF menyatakan jika pasukannya menemukan mayat bergelimpangan di sebuah kuil Buddha saat memasuki Nan Neint pada Minggu (12/3/2023).

 Video dan foto yang dirilis KNDF dan Persatuan Revolusi Karenni (KRU) menunjukkan mayat penuh luka tembak di tubuh dan kepala. Selain itu tampak pula lubang bekas peluru di dinding kuil.

Follow Berita iNews Kutai di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini