Logo Network
Network

Andrika Fathir Rachman Pahlawan, Timnas Indonesia U-16 ke Final Piala AFF U-16 Tantang Vietnam 

Andhika Khoirul Huda
.
Rabu, 10 Agustus 2022 | 22:44 WIB
Andrika Fathir Rachman Pahlawan, Timnas Indonesia U-16 ke Final Piala AFF U-16 Tantang Vietnam 
Timnas Indonesia U-16 melaju ke babak final Piala AFF usai mengalahkan Myanmar lewat drama adu penalti. (foto: pssi)

SLEMAN, iNewsKutai.id Timnas Indonesia U-16 lolos ke partai final Piala AFF U-16 2022. Skuad Garuda Muda menggenggam tiket ke partai puncak setelah menang 5-4 lewat drama adu penalti melawan timnas Myanmar.

Andrika Fathir Rachman menjadi pahlawan setelah berhasil menepis tendangan satu eksekutor Myanmar. Kemenangan ini tidak lepas dari comeback timnas U-16 setelah sempat tertinggal di babak pertama. Skuad besutan Bima Sakti tertinggal satu gol lewat aksi pemain Myanmar, Nay Min Htet (43’).

Berselang 29 menit kemudian, giliran tendangan bebas Muhammad Riski Afrisal (69’) menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Hasil itu membuat laga berlanjut ke babak adu penalti hingga Indonesia memenangkan pertandingan. 

Jalannya Pertandingan 

Babak Pertama 

Mengincar kemenangan, Indonesia tampil menekan begitu pertandingan dimulai. Mereka mengambil inisiatif serangan lebih dulu dan menerapkan pressing ketat ketika kehilangan bola. Lima menit laga berjalan, dominasi Tim Merah-Putih nyaris membuahkan hasil. 

Namun, sepakan jarak jauh yang dilepaskan Muhammad Kafiatur Rizky masih melambung tipis di atas mistar gawang. Keasyikan menyerang, tim besutan Bima Sakti itu hampir kebobolan lewat serangan balik cepat yang dilancarkan Myanmar pada menit 10. 

Beruntung bagi Indonesia, tendangan Shine Wanna Aung kurang bertenaga sehingga bisa ditepis dengan mudah oleh Andrika Fathir Rachman. Lima menit berselang, Indonesia mendapatkan peluang emas lewat Arkhan Kaka Putra. Dia menyambut tendangan bebas ciamik dari  Kafiatur yang mengarah ke tiang jauh dengan tandukannya. Sayang, bola yang ditanduknya menyamping tipis di sisi kanan gawang. 

Pada menit 19, lagi-lagi Kafiatur mengkreasikan sebuah peluang berbahaya. Pemain bernomor punggung sembilan itu mengirim umpan melengkung ke tiang jauh dari sepak pojok dan disambut oleh tandukan Sulthan Zaky Pramana. Akan tetapi, bola yang hampir menggantung kiper Myanmar, Sai Thi Ha Naing, jatuh di atas jaring gawang. 
Sepuluh menit kemudian, serangan balik cepat dari Myanmar kembali membahayakan gawang tim tuan rumah. Aksi Individu Shine Wanna Aung berhasil mengecoh Sulthan Zaky. Untungnya, tendangan gunting Kaung Htet yang menyambut crossingnya mengarah ke samping kiri gawang Andrika. 

Pada menit 35, Indonesia kembali mendapatkan peluang emas. Umpan lambung dari lini tengah tak mampu ditangkap oleh Kiper Myanmar. Sayangnya, Kafiatur yang hanya tinggal mencocor bola ke dalam gawang gagal melakukan sontekan dengan baik sehingga bola melenceng dari gawang. 

Dua menit jelang turun minum, justru Indonesia kebobolan. Adalah Nay Min Htet yang menjadi pencetak gol dengan tendangan mendatarnya yang memanfaatkan kesalahan antisipasi dari Andrika. Alhasil, Indonesia tertinggal 0-1 dari Myanmar di akhir babak pertama.

Follow Berita iNews Kutai di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini