get app
inews
Aa Read Next : Mogok Makan di Penangkaran, Buaya Riska Akan Dikembalikan ke Habitatnya di Bontang

Heboh, Buaya Sepanjang 6 Meter Ditangkap di Objek Wisata Labuan Cermin

Rabu, 29 Desember 2021 | 15:21 WIB
header img
Buaya sepanjang enam meter berhasil ditangkap warga di kawasan objek wisata Labuan Cermin, Kabupaten Berau. (foto : ist)

TANJUNG REDEB, iNews.id - Objek wisata andalan Kabupaten Berau, Labuan Cermin di Kecamatan Biduk-biduk ditutup sementara menyusul kemunculan seekor buaya di danau tersebut. Beruntung, buaya sepanjang 6 meter berhasil ditangkap warga bersama personel TNI-Polri, Rabu (29/12/2021) pagi.

Dari informasi yang dihimpun, buaya tersebut terdeteksi saat seorang motoris kapal cepat sedang mengecek kondisi di sekitar danau. Namun, tiba-tiba sang motoris dikejutkan dengan kemunculan seekor buaya berukuran besar.

Beruntung, disaat bersamaan, Labuan Cermin masih sepi dari kunjungan wisatawan. Temuan tersebut lantas disampaikan ke aparat kepolisian untuk kemudian dilakukan penangkapan.

Proses penangkapan buaya tersebut berlangsung dramatis. Aparat kepolisian dan TNI dibantu puluhan warga bahu membahu menangkap reptil tersebut dari tengah danau yang terkenal dengan kejernihan airnya tersebut. 

Setidaknya dibutuhkan tiga unit kapal untuk mengepung buaya raksasa itu dan puluhan meter tali. Setelah tertangkap, buaya yang pertama kali muncul di Labuan Cermin tersebut dievakuasi ke daratan untuk diserahkan kepada Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim Seksi Konservasi Wilayah (SKW).

"Tim sedang menuju Biduk-biduk untuk mengevakuasi ke Berau. Untuk kelanjutan menunggu instruksi karena ukurannya yang sangat besar, tidak mungkin dilepasliarkan," kata kepala BKSDA Seksi Wil 1 Dheny Mardiono. 

Sementara itu, pascapenangkapan buaya, pengelola objek wisata Labuan Cermin masih melakukan penutupan sementara. Hal ini dilakukan hingga dipastikan kawasan tersebut steril dari buaya yang berpotensi mengancam keselamatan wisatawan.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut