get app
inews
Aa Read Next : Hasil Piala AFF U-23 : Timnas Indonesia Dijegal Malaysia

Dipulangkan Indonesia di Piala AFF 2020, Pelatih Malaysia Tan Cheng Hoe Mundur

Senin, 03 Januari 2022 | 14:14 WIB
header img
Pelatih Timnas Malaysia Tan Cheng Hoe berkomentar usai timnya dibantai Vietnam 0-3 pada laga lanjutan Grup B Piala AFF 2020, Minggu (13/12/2021) malam WIB. (Foto: Piala AFF)

PETALING JAYA, iNews.id – Kegagalan tim nasional Malaysia pada penyisihan grup Piala AFF 2020 memakan korban. Tan Cheng Hoe menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pelatih Harimau Malaya.

Piala AFF 2020 memang menjadi kemunduran bagi timnas Malaysia. Bergabung di Grup B, tim Negeri Jiran hanya mampu meraih kemenangan atas Kamboja dan Laos. Namun, saat menghadapi Vietnam mereka dibantai 0-3.

Peluang Malaysia melaju ke babak semifinal akhirnya pupus setelah dihancurkan timnas Indonesia dengan skor 1-4. Media Malaysia The Star dalam laporanya Senin (3/1/2022), Tan Cheng Hoe sudah bukan pelatih Malaysia setelah gagal bersinar di Piala AFF 2020.

Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) juga telah melakukan diskusi dengan juru taktik kelahiran Kedah ini. Keduanya sepakat untuk memutus kontrak kerja samanya.

Tan Cheng Hoe seharusnya menjadi pelatih hingga akhir tahun 2022. Namun, keputusan FAM dan ahli strategi usia 53 tahun ini sudah final.

Tan Cheng Hoe berkiprah sebagai pelatih Timnas Malaysia sejak 2017 lalu. Tepatnya setelah menggantikan pelatih asal Portugal, Nelo Vingada. Catatan manisnya bersama Harimau Malaya adalah dapat mengantarkan ke partai final Piala AFF 2018. Tetapi, langkahnya harus pupus usai dilibas Vietnam dengan skor agregat 3-2.

Dua tahun berselang, Tan Cheng Hoe malah terkurung di fase Grup B Piala AFF 2020 saja. Vietnam dan Indonesia mengungguli Harimau Malaya dan melaju ke babak semifinal.

Pada laga pamungkasnya, Malaysia dicukur oleh Indonesia dengan skor 4-1. Kekalahan ini menambah daftar keterpurukan yang diderita Tan Cheng Hoe. Menilik hal tersebut, Tan Cheng Hoe memilih mundur dari kursi pelatih Timnas Malaysia. Kariernya di Harimau Malaya kandas dalam waktu 5 tahun.

Belum jelas saat ini siapa sosok menggantikannya di Timnas Malaysia. Tan Cheng Hoe pun belum ada kabar akan melatih negara ataupun klub mana lagi.

Berdasarkan kiprah melatihnya, Tan Cheng Hoe hanya berkutik di negara Malaysia saja. Sebelumnya pada tahun 2014, dia pernah menjadi pelatih untuk klub Kedah FA.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut