get app
inews
Aa Read Next : Cekcok gegara Biaya Sekolah Anak, Pensiunan PNS di Samarinda Aniaya Istri hingga Babak Belur

Jelang Lebaran, Jumlah Penumpang di Bandara APT Pranoto Naik 40 Persen

Selasa, 18 April 2023 | 13:14 WIB
header img
Jumlah penumpang di Bandara APT Pranoto Samarinda naik 40 persen. (foto : istimewa)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Pergerakan arus mudik di Bandara Internasional Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda mulai menunjukkan peningkatan dalam sepekan terakhir. Berdasarkan data Unit Pelaksana Bandar Udara (UPBU), jumlah penumpang naik hingga 40 persen dibanding hari biasa.

Kepala UPBU Kelas 1 APT Pranoto, Agung Pracayanto menjelaskan, hingga H-7 Lebaran, peningkatan jumlah penumpang mencapai 3.222 orang perhari. Hal ini tidak lepas dari penambahan jumlah penerbangan untuk mengakomodasi penumpang yang ingin mudik.

Saat ini, Bandara APT Pranoto menyediakan 3 extra flight untuk rute Surabaya sebanyak dua kali dan Yogyakarta 1 penerbangan tambahan. Rute penerbangan yang dilayani dari Samarinda yakni Jakarta, Surabaya Yogyakarta dan Berau. 

"Peningkatan jumlah penumpang di Bandara APT Pranoto sangat terasa setelah dua tahun pandemi. Lonjakannya sangat signifikan. Mudahan-mudahan ini bisa dipertahankan tidak hanya di momen mudik," ujarnya dalam dialog virtual dikutip dari laman Pemprov Kaltim, Selasa (18/4/2023).

Dia pun berharap, masyarakat dari wilayah di sekitar Kota Samarinda untuk bepergian melalui Bandara APT Pranoto dengan alasan akses jalan yang lebih dekat. Letak Bandara APT Pranoto lebih terjangkau untuk penumpang dari Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Kutai Timur maupun Bontang. 

Apalagi, saat ini akses jalan menuju bandara sudah semakin baik. Agung pun mengajak waga Kaltim pada umumnya menggunakan bandara APT Pranoto untuk berpergian.

"Dari sisi udara sudah siap, kami tidak berdiam diri terus  mengevaluasi kekurangan sehingga masyarakat Kaltim bisa menggunakan Bandara APT Pranoto sebagai pilihan utama dalam melakukan perjalanan udara," tukasnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut