get app
inews
Aa Read Next : Siklon Tropis Jelawat, Wilayah Kaltim Berpotensi Diguyur Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi

Waspada Cuaca Buruk, Empat Wilayah di Kaltim Potensi Hujan Petir

Kamis, 20 April 2023 | 06:26 WIB
header img
BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk di Kaltim. Empat wilayah diprakirakan akan mengalami hujan petir. (Foto: ilustrasi/ist)

BALIKPAPAN, iNewsKutai.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk di Kaltim, Kamis (20/4/2023) hari ini. Empat wilayah diprakirakan akan mengalami hujan petir.

Wilayah yang berpotensi diterjang cuaca buruk yakni Kutai Kartanegara, Mahakam Ulu, Kutai Barat, dan Kutai Timur. Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan, Yudha Satrio Oktavandi meminta semua pihak agar waspada. 

"Dampak dari peristiwa ini bisa menimbulkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, dan tanah longsor," ujar dikutip, Kamis (20/4/2023).

Untuk wilayah Kutai Kartanegara, cuaca buruk diperkirakan terjadi pada pagi hari di Kecamatan Kenohan, sedangkan sebagian besar kecamatan lainnya cerah dan berawan.

Sementara di Kutai Barat, hujan petir diprakirakan terjadi di 13 kecamatan, yakni Sendawar, Damai, Long Iram, Melak, Muara Pahu, Barong Tongkok, Jempang, Linggang Bigung, Mook Manaar Bulatn, Muara Lawa, Nyuatan, Sekolaq Darat dan Tering.

Selanjutnya, pada pukul 08.00 Wita, hujan petir berpotensi di tiga kecamatan, yakni Sendawar, Mook Manaar Bulatn dan Tering, sedangkan sebagian besar kecamatan lainnya hujan ringan.

di Kabupaten Kutai Timur, hujan petir berpotensi terjadi di tujuh kecamatan, yakni Batu Ampar, Karangan, Bengalon, Long Mesangat, Muara Bengkal, Rantau Pulung dan Telen.

“Di Kabupaten Mahakam Ulu pada Kamis sdiprakirakan terjadi di tiga kecamatan, yakni Long Apari, Long Pahangai, dan Long Hubung, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan," pungkasnya

Informasi prakiraan cuaca ini telah disampaikan ke pihak terkait, termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisasi dampaknya ke masyarakat.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut