get app
inews
Aa Read Next : Polsek Kota Bangun Ringkus 3 Pengedar Narkoba dalam Sepekan, 54 Paket Sabu Disita

Polres Kutai Kartanegara Kukuhkan Polisi RW, Ini Tugas dan Fungsinya

Rabu, 17 Mei 2023 | 08:51 WIB
header img
Polres Kutai Kartanegara mengukuhkan polisi RW yang ditempatkan di komunitas terkecil masyarakat. (Foto: Ilustrasi/SINDOnews)

TENGGARONG, iNewsKutai.id - Polres Kutai Kartanegara (Kukar) meluncurkan program Polisi RW, Selasa (16/5/2023). Pengukuhan dilakukan langsung oleh Kapolres AKBP Hari Rosena di Lapangan Apel Mapolres Kukar. 

AKBP Hari dalam sambutannya menjelaskan jika polisi RW ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat. Polisi RW merupakan program Baharkam Polri sebagai wujud postur Polri yang prediktif.

"Program polisi RW ini diharapkan mampu mengimbangi dinamika Kamtibmas yang terjadi di tengah masyarakat sehingga kita dapat mengelola situasi konflik kamtibmas dengan baik," jelasnya.

Selain itu, polisi RW merupakan terobosan dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepolisian kepada masyarakat. AKBP Hari berharap, keberadaan polisi RW bisa menjadi fasilitator untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat.

"Polisi RW ini juga jadi momentum bagi kita semua khususnya seluruh anggota Polres Kutai Kartanegara agar lebih mendekatkan diri lagi dengan masyarakat," ujarnya.

Sekadar diketahui, polisi RW ini menjadi terobosan baru Komjen Fadil Imran setelah menjabat Kabaharkam Polri. Polisi RW rencananya akan diterapkan secara nasional dan ditempatkan di setiap wilayah.

Mereka bertugas mencegah gangguan kamtibmas, bekerja dengan seluruh elemen masyarakat dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjadi polisi bagi sendiri. Dengan metode ini, diharapkan tindak kejahatan bisa ditekan seminimal mungkin.

"Polisi diharapkan bisa mengatasi permasalahan keamanan yang berpotensi muncul pada komunitas masyarakat paling kecil yakni RW," jelas Komjen Imran.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut