get app
inews
Aa Read Next : Turki Diambang Kudeta, Erdogan Tak Mau Kecolongan Lagi

Erdogan Menang Pilpres Turki, Respons Capres Oposisi Kemal Kilicdaroglu Bikin Kaget

Senin, 29 Mei 2023 | 08:15 WIB
header img
Recep Tayyip Erdogan kembali terpilih sebagai presiden Turki dalam pemilihan presiden yang digelar Minggu 28 Mei 2023. (Foto: Newsweek)

ISTANBUL, iNewsKutai.id - Recep Tayyip Erdogan kembali terpilih sebagai presiden Turki menyusul hasil penghitungan suara Dewan Pemilihan Tertinggi Turki (YSK).

Pada pemilu putaran kedua yang digelar Minggu (28/5/2023), Erdogan keluar sebagai pemenang dengan perolehan 52,14 persen suara. Sementara rivalnya dari partai oposisi Kemal Kilicdaroglu meraup 47,86 persen.

"Terima kasih pada semua warga Turki yang sekali lagi memercayakan kami tanggung jawab memerintah Turki untuk 5 tahun mendatang," ujarnya, dikutip dari Al Jazeera, Senin (29/5/2023).

Erdogan menyebut jika kemenangan tersebut merupakan kemenangan 85 juta warga Turki.

“Insya Allah kami layak mendapat kepercayaan dari Anda, sebagaimana telah kami lakukan selama 21 tahun terakhir,” kata Erdogan.

Menanggapi klaim kemenangan tersebut, koalisi oposisi enam partai Turki yang mendukung Kemal Kilicdaroglu memutuskan menerima hasil Pilpres Turki putaran kedua. 

Pemimpin Partai Baik, Meral Aksener menyatakan, hasil penghitungan suara sementara menunjukkan kehendak pemilih. Menurutnya, perolehan suara tersebut merupakan pandangan resmi warga Turki tentang masa depan pemerintahan untuk lima tahun kedepan.

“Pesan yang disampaikan pemilih sudah kami pahami dan mengambil tindakan yang diperlukan. Kami akan belajar lagi setelah pemilihan ini,” kata Aksener dalam konferensi pers, Minggu (28/5/2023).

Koalisi partai oposisi juga mengucapkan selamat Erdogan atas kemenangannya. Aksener pun berjanji bahwa partainya akan melanjutkan aktivitas politiknya dalam mengawasi pemerintahan.

Sementara Kilicdaroglu saat berbicara di Ankara menuding  jika hasil itu sebagai pemilu yang paling tidak adil dalam beberapa tahun. Dia  berjanji untuk melanjutkan perjuangan untuk demokrasi. Dia tidak secara eksplisit mengatakan apakah dia mengakui kekalahannya atau akan menggugat hasil pemilu.

Pemungutan suara untuk putaran kedua pilpres di Turki diadakan pada Minggu kemarin. Pada babak lanjutan tersebut, Erdogan berhadapan dengan calon presiden dari kubu oposisi, Kemal Kilicdaroglu.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut