get app
inews
Aa Read Next : Turki Diambang Kudeta, Erdogan Tak Mau Kecolongan Lagi

Sandal Wanita Berusia 1.500 Tahun Ditemukan, Berisi Pesan Manis dalam Bahasa Yunani

Jum'at, 09 Juni 2023 | 15:16 WIB
header img
Pada saat penggalian di Istanbul, Turki, ditemukan sepasang sandal wanita berusia 1.500 tahun dengan pesan manis dalam bahasa Yunani. Foto: Dayli Sabah

ISTANBUL, iNews.id - Pada saat penggalian di Istanbul, Turki, ditemukan sepasang sandal wanita berusia 1.500 tahun dengan pesan manis dalam bahasa Yunani. Penemuan ini menjadi daya tarik utama di museum arkeologi kota Istanbul.

Sandal tersebut memiliki pesan dalam bahasa Yunani yang berbunyi, "Gunakan dalam kesehatan, nyonya, kenakan dalam keindahan dan kebahagiaan."

Temuan menakjubkan ini ditemukan selama penggalian yang dilakukan dalam proyek Marmaray, yaitu terowongan kereta bawah laut yang menghubungkan sisi Asia dan Eropa Istanbul di bawah Bosporus.

Penggalian ini dimulai pada tahun 2004 dan telah mengungkapkan aspek sejarah baru tentang Konstantinopel, ibu kota Kekaisaran Bizantium.

Sekitar 60.000 artefak yang ditemukan selama sembilan tahun penggalian disimpan di Museum Arkeologi Istanbul hingga sebuah museum khusus dibangun.

Kekaisaran Bizantium adalah kelanjutan dari Kekaisaran Romawi di provinsi timurnya selama Zaman Kuno Akhir dan Abad Pertengahan.

Kekaisaran Bizantium bertahan selama seribu tahun setelah Kekaisaran Romawi Barat runtuh pada abad ke-5 M, sampai akhirnya jatuh ke Kekaisaran Ottoman pada tahun 1453.

Para ahli menyatakan bahwa sandal yang ditemukan ini berusia lebih dari 1.500 tahun dan milik seorang wanita. 

Bizantium terkenal dengan kecintaannya terhadap warna dan pola, serta produksi dan ekspor kain bermotif yang sangat kaya, terutama sutra Bizantium yang dihias dan disulam untuk kelas atas, dan dicetak untuk kelas bawah.

Pentingnya sopan santun dirasakan oleh semua orang, dan pakaian wanita pada masa itu nampaknya hampir seluruhnya menutupi tubuh dengan potongan yang tidak berbentuk. 

Banyak alas kaki yang ditemukan dalam penggalian ini, termasuk sandal, sandal jepit, dan sepatu bot setinggi betis yang sering terlihat dalam ilustrasi manuskrip. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut