get app
inews
Aa Read Next : Turki Ancam Serang Israel, Erdogan Singgung Perang Karabakh

Turki Diambang Kudeta, Erdogan Tak Mau Kecolongan Lagi

Rabu, 15 Mei 2024 | 19:18 WIB
header img
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kembali diguncang isu kudeta oleh petugas keamanan. (Foto: ilustrasi/newsweek)

ANKARA, iNewsKutai.id - Isu kudeta kembali mengguncang Turki setelah terakhir kali terjadi pada 2016 lalu. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang tak mau kecolongan lagi langsung menggelar rapat darurat dengan kepala intelijen dan kementerian kehakiman. 

Peringatan kudeta itu disampaikan anggota partai pimpinan Erdogan, Devlet Bahceli. Dia menyebut, upaya kudeta sedang dipersiapkan oleh lembaga penegak hukum. 

Sputnik dalam laporannya menyebut, upaya kudeta merupakan imbas pemecatan sejumlah petugas kepolisian pada direktorat keamanan Ankara lantaran diduga berhubungan dengan organisasi kriminal Ayhan Bora Kaplan.

Bahceli menyatakan, upaya itu merupakan konspirasi melawan pemerintah, dan penangguhan beberapa petugas polisi saja tidak dapat dihindari. Saat berpidato di pertemuan partai di Parlemen, dia telah memperingatkan kemungkinan terulangnya upaya kudeta tahun 2016 di Turki. 

Erdogan merespons dengan mengadakan pertemuan darurat semalam dengan Menteri Kehakiman Yilmaz Tunc dan Direktur Organisasi Intelijen Nasional Ibrahim Kalin di kediamannya.

Koresponden Sputnik melaporkan jika warga Turki secara aktif mengunggah pesan-pesan yang mendukung Erdogan di platform media sosial X dengan tanda pagar (tagar) #DevletimizinYanındayız, yang diterjemahkan sebagai "kami mendukung negara kami”, dan gambar presiden Turki dengan kata-kata dukungan dan kutipan.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut