get app
inews
Aa Read Next : Cara Share Screen WA di Android dan Iphone, Sangat Mudah!

Malware Mengancam, Ini Cara Mencegah Pencurian Data di Handphone Android

Selasa, 30 Mei 2023 | 10:23 WIB
header img
Cara mencegah pencurian data di handphone android. (foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Pencurian data sensitif pada handphone android kini menjadi topik hangat di kalangan pakar keamanan siber. Hal ini menyusul peringatan dari organisasi keamanan siber nasional India, CERT-IN terkait malware Android berbahaya yang disebut Daam. 

Malware itu menimbulkan ancaman terhadap keamanan data pengguna. Untuk itu, penting mengetahui cara mencegah pencurian data di handphone android karena malware ini punya banyak keunggulan.

Malware Daam mampu mengelabui software antivirus, mencuri informasi sensitif, dan bahkan memasang ransomware pada perangkat target. Daam juga dapat mengakses dan mengambil berbagai data rahasia, termasuk riwayat penelusuran, log panggilan, informasi kontak, konten kamera, pesan SMS, dan file. 

Dikutip dari Gizmo China, data yang dicuri kemudian dikirim ke server penyerang, dan konten perangkat dienkripsi menggunakan enkripsi AES, meninggalkan file ".enc" dan catatan tebusan bernama "readme_now.txt".

Masalah lainnya adalah malware ini beroperasi dengan menghindari langkah-langkah keamanan sehingga sulit dideteksi dan dihapus. CERT-IN pun memberikan saran untuk menghindari menjadi korban malware daam. 

Cara Mencegah Pencurian Data di Handphone Android

1. Tinjau Detail Aplikasi

Sebelum mengunduh aplikasi, bahkan dari sumber terpercaya seperti Google Playstore. Mulai dari detail aplikasi, ulasan pengguna, jumlah unduhan, komentar, dan informasi tambahan.

2. Perbarui Perangkat

Instal pembaruan dan tambalan secara teratur yang disediakan vendor perangkat Anda, karena sering kali menyertakan peningkatan keamanan penting. 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut