get app
inews
Aa Read Next : Cara Share Screen WA di Android dan Iphone, Sangat Mudah!

14 Malware Berbahaya bagi HP Android, Curi Password hingga Data Perbankan

Jum'at, 01 September 2023 | 09:00 WIB
header img
Belasan malware berbahaya mengincar HP Android. (foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Malware menjadi ancaman serius bagi pengguna handphone (HP). Bahkan, ada belasan malware atau virus yang mengincar HP Android.

Bahaya malware penting diketahui bagi pengguna HP. Malware bisa mencuri informasi pribadi seperti kata sandi email, mobile banking, informasi pribadi, dan pencurian identitas lainnya.

Malware ini bekerja melalui aplikasi palsu, tautan berbahaya, atau lampiran email palsu. Pengguna HP yang tidak waspada, rawan mengunduh atau membuka virus tanpa sadar. 

Setelah menginfeksi perangkat, malware akan mencari celah keamanan untuk memasuki sistem. Pengguna yang tidak hati-hati bisa saja memberikan akses ke seluruh isi HP.

Setelah itu, seluruh data yang ada di HP bisa dicuri dan dimanfaatkan termasuk untuk kejahatan. Karena itu, penting mengetahui jenis malware yang mengincar ponsel tersebut HP Android. Simak ulasannya.

1. Ransomware 

Virus ini mengenkripsi data dan kemudian meminta tebusan agar data bisa diakses kembali. 

2. Spyware 

Malware ini dirancang mengumpulkan informasi pribadi tanpa izin seperti riwayat penjelajahan, kata sandi, dan data pribadi lainnya. 

3. Trojan Horse 

Virus ini sebelumnya familiar di kalangan pengguna komputer. Malware ini menyamar sebagai aplikasi penting namun mengandung kode berbahaya yang dapat mencuri informasi pribadi atau merusak perangkat. 

4. Adware 

Adware mencoba memasukkan iklan ke dalam perangkat dengan cara yang mengganggu dan dapat mengakibatkan perlambatan sistem. 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut