get app
inews
Aa Read Next : Belajar Otodidak dari YouTube, Mekanik Bengkel di Samarinda Rakit Senjata Api

Mengenal Blackout Challenge, Tantangan di YouTube yang Renggut Nyawa Ribuan Anak-Anak

Sabtu, 03 Juni 2023 | 14:37 WIB
header img
Tantangan Blackout Challenge di YouTube merenggut nyawa ribuan anak-anak. (Foto: ilustrasi/Pinterest)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Tantangan Blackout Challenge di YouTube kini menjadi momok bagi orang tua. Sedikitnya 1.385 anak-anak tewas saat mengikuti tantangan yang diberikan lewat video di YouTube tersebut  . 

Jumlah kematian tersebut diprediksi terus bertambah karena tantangan yang masih terus berlanjut. Lantas, seperti apa tantangan blackout challenge tersebut? Berikut ulasannya.

Blackout challenge sebelumnya sempat viral di TikTok tahun lalu. Tantangan ini mewajibkan pesertanya memadamkan lampu di kamar. Setelah itu, mereka akan mencekik diri sendiri untuk mengetahui seberapa lama bisa menahan nafas.

Tantangan ini kemudian merambah ke YouTube dan sangat diminati anak-anak karena terlihat sebagai sebuah permainan. Seperti di TikTok, anak-anak diminta memadamkan lampu kamar dan merekam diri mereka.

Dilansir SINDONews dari NPR, juru bicara YouTube, Brittany Stagnaro mengatakan, perusahaan telah menghapus video yang melibatkan tantangan yang membuat anak-anak sesak napas atau tersedak hingga tewas itu. 

"Saya melihat video seperti itu dan melaporkannya setiap hari. Seringkali mereka tidak diturunkan. Bahkan, ada beberapa video tetap ada di situs selama bertahun-tahun," ujarnya.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut