get app
inews
Aa Read Next : Daftar Tim Lolos Semifinal Liga Champions: Ada Dua Wakil Jerman 

Jalan Berbeda Eks Bintang Real Madrid; Pensiun Dini dari Sepak Bola, Pilih Hidup Sebagai Nelayan

Rabu, 12 Januari 2022 | 07:15 WIB
header img
Fabio Coentrao bersama Cristiano Ronaldo saat membela Real Madrid. (foto: reuters)

VILA DO CONDE, iNews.id - Menjadi pelatih atau pundit biasanya menjadi profesi mantan pemain sepak bola ketika memilih pensiun. Namun, hal ini tidak berlaku bagi eks bintang tim nasional Portugal dan Real Madrid, Fabio Coentrao.

Siapa sangka, setelah memilih pensiun dini pada usia 31 tahun akibat rentetan cedera, Coentrao memilih pulang kampung ke Portugal dan kembali menjalani kehidupan masa kecilnya, menjadi seorang nelayan.

Ya, mulai 2020 lalu, Coentrao memilih birunya lautan sebagai tempat dia melanjutkan hidupnya. Dia memutuskan menjadi nelayan dengan membeli perahu pertamanya dan merekrut 15 anak buah untuk dipekerjakan.

Coentrao mengaku tidak malu dengan profesinya kini. Menurut pria yang saat ini berusia 31 tahun itu nelayan adalah pekerjaan untuk generasi selanjutnya. 

"Kehidupan di laut tidaklah memalukan seperti yang kebanyakan orang pikirkan. Ini sama seperti pekerjaan lainnya," kata Coentrao dikutip dari The Sun, Selasa (11/1/2022). 

"Tak hanya itu, laut menawarkan keindahan dan itulah yang kami butuhkan. Orang-orang yang mencintai laut dan ingin merasakan pengalamannya harus menggapai mimpinya itu. Ini pekerjaan untuk generasi yang baru," katanya lagi. 

Coentrao mengaku melaut sebagai nelayan sudah ditularkan oleh ayahnya. Dia merasa laut adalah kehidupannya sejak kecil.

"Ayah saya memiliki kapal, dia terbiasa memancing dan saya selalu pergi bersamanya saat kecil. Kehidupan saya adalah di laut, laut dan memancing ikan," ucap pemilik 55 caps di timnas Portugal itu. 

"Tentu saja, saya mengerti sepak bola akan berakhir suatu hari nanti dan saya harus mengambil tujuan baru dalam hidup. Dan saya bahagia di perahu ini dan inilah hidup yang saya jalani," pungkas Coentrao. 

Coentrao sebenarnya tidak buruk-buruk amat saat berkarier sebagai pesepak bola. Dia pernah membela sejumlah klub besar, Benfica, AS Monaco, dan Sporting CP. Hanya saja, namanya lebih dikenal saat membela Real Madrid pada 2011-2018.

Coentrao berasal dari Portugal sehingga dia menjalin persahabatan dengan megabintang dunia, Cristiano Ronaldo. Kebetulan keduanya setim pula di Real Madrid dan Timnas Portugal.

Sayangnya, karier Coentrao tak secemerlang Ronaldo. Dia dikenal bek yang keras sehingga sering mendapatkan kartu merah dan kerap cedera sampai-sampai jarang main. Karena performanya yang juga tak stabil membuatnya jarang tampil di klub yang dibelanya. 

Meski dianggap aneh karena kini berprofesi di luar lapangan hijau sebagi nelayan, Coentrao bisa bangga dengan pencapaiannya di sepak bola. Dia pernah menjuarai sejumlah ajang di antaranya dua kali Liga Champions dan Piala Super Eropa.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut