get app
inews
Aa Read Next : Baznas Tetapkan Nilai Zakat Fitrah 2024 Rp55.000 per Orang, Imbas Kenaikan Harga Beras

Baznas Kaltim Target Pengumpulan Zakat Rp20 Miliar

Rabu, 12 Januari 2022 | 09:03 WIB
header img
Gubernur Isran Noor menerima pengurus Baznas Kaltim. (foto: adpimkaltim)

SAMARINDA, iNews.id - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kaltim menargetkan pengumpulan zakat sepanjang 2022 sebesar Rp20 miliar. Jumlah tersebut jauh melebihi perolehan dalam dua tahun terakhir yang hanya sekitar Rp7 miliar.

Ketua Baznas Kaltim Ahmad Nabhan mengungkapkan, target tersebut dibebankan Baznas Pusat kepada seluruh provinsi. Secara keseluruhan, target target yang dibebankan sebesar Rp180 miliar termasuk zakat fitrah.

"Di luar zakat fitrah ditargetkan sebesar Rp 103 miliar. Saat ini ada sekitar Rp 40 miliar dari seluruh Kaltim. Jadi kita masih akan bekerja keras untuk mengumpulkan Rp 60 miliar lagi,” urai Nabhan usa audiens dengan Gubernur Kaltim Isran Noor, Selasa (11/1/2022).

“Kami jamin tidak menyalahgunakan zakat dari para muzaki. Kami akan salurkan kepada para mustahik atau pihak-pihak yang benar-benar memerlukan. Insyaallah kami akan amanah,” tegasnya.

Terkait pertemuan dengan Gubernur Kaltim, Nabhan menjelaskan jika hal tersebut terkait rencana menggelar rapat koordinasi daerah (Rakorda) Februari mendatang di Balikpapan. Rakorda rencananya dihadiri Gubernur Isran Noor dan para bupati/wali kota.

“Harapan kami akan ada kesepakatan dari Rakorda nanti. Terutama terkait pengaturan pengumpulan hasil zakat dari seluruh UPZ ke Baznas provinsi untuk dicatat dan selanjutnya akan kita salurkan kembali ke UPZ-UPZ,” pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Isran Noor berpesan agar Baznas Kaltim terus memperbaiki sistem manajemen dan sistem akuntansi agar pengelolaan lembaga bisa lebih profesional serta transparan.

"Perbaiki sistem manajemen dan akuntansinya. Bangun kepercayaan masyarakat dan para muzaki dengan menunjukkan amanah dan jalankan tugas ini dengan jujur,” pesan Gubernur.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut