get app
inews
Aa Read Next : Cegah Perselingkuhan di Kantor, ASN Kaltim Diimbau Pasang Foto Keluarga di Meja Kerja

Tegas, Bupati Kutai Kartanegara Larang ASN Pakai Elpiji 3 Kilogram

Minggu, 23 Juli 2023 | 15:42 WIB
header img
Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah (kanan) melarang ASN Pemkab Kukar memakai gas elpiji 3 kilogram. (Foto: dok DPRD Kaltim)

TENGGARONG, iNewsKutai.id - Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Kutai Kartanegara dilarang keras memakai  elpiji 3 kilogram untuk kebutuhan sehari-hari. Pasalnya, elpiji bersubsidi tersebut diperuntukkan bagi warga miskin.

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah menegaskan jika elpiji 3 kg diperuntukkan bagi kelompok–kelompok masyarakat yang berhak menerima subsidi. Elpiji tersebut tidak boleh digunakan masyarakat kalangan menengah.

"ASN di Pemkab Kukar tidak boleh membeli elpiji 3 kg untuk kebutuhan sehari-hari. Demikian juga dengan masyarakat menengah karena elpiji bersubsidi sudah ditetapkan untuk kelompok masyarakat tertentu," tegasnya dalam operasi pasar elpiji 3 kg di Tenggarong, Sabtu (22/7/2023).

Menurutnya, larangan itu sudah dituangkan dalam bentuk surat edaran di mana seluruh jajaran ASN di lingkup Pemkab Kukar tidak boleh membeli gas 3 kg untuk kebutuhan sehari – hari. 

Hal ini diharapkan bisa mengatasi kelangkaan elpiji. Edi Damansyah menambahkan, pihaknya operasi pasar elpiji 3 kg merupakan respons atas terjadi kelangkaan gas melon di Kukar.

Menurutnya, Dinas Perdagangan bergerak cepat menghitung kebutuhan dan kuota elpiji 3 kg untuk Kukar. Pemkab berupaya mendapatkan tambahan kuota untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Kami bersurat kepada Pertamina agar bagaimana untuk bisa menambah kuota elpiji 3 kg. Alhamdulillah kita dapat tambahan dari Pertamina sebanyak  89 ribu kuota,”ujarnya.

Dalam operasi pasar yang digelar di Agen Nararya itu, elpiji 3 kg dijual sesuai HET yang telah diatur yakni Rp 19.000 pertabung. Warga yang hendak membeli elpiji 3kg diwajibkan membawa indentitas diri berupa fotokopi KTP. Hal tersebut untuk menghindari kemungkinan adanya warga yang memborong elpiji dan melakukan penimbunan.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut