get app
inews
Aa Read Next : Deteksi Kanker Serviks, Dinkes Kaltim Gencarkan Tes DNA Urine

Cegah Kanker Serviks, Siswi Kelas 5 di Kalimantan Timur Dapat Vaksinasi HPV Gratis

Jum'at, 04 Agustus 2023 | 05:32 WIB
header img
Siswi kelas 5 SD di Kalimantan Timur akan mendapatkan vaksinasi HPV untuk mencegah kanker serviks. (foto: ilustrasi/ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Pemprov Kaltim akan memberikan vaksinasi human papilloma virus (HPV) kepada seluruh siswi kelas 5 SD di Benua Etam. Pemberian vaksin ini mencegah potensi terkena kanker serviks saat dewasa.

Pengelola Program Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim, Heny Afriani mengungkapkan, vaksin HPV sangat efektif untuk mencegah penyakit yang disebebkan oleh infeksi virus seperti kanker serviks.

Untuk pencegahan, vaksin HPV penting diberikan anak usia kelas 5 sekolah dasar yang belum aktif melakukan aktivitas seksual. 

"Vaksin HVP disasar pada anak-anak anak kelas 5 atau usia sekitar 11 tahun. Kenapa anak-anak, karena mereka memiliki sistem imunitas yang lebih baik dibandingkan orang dewasa,"ungkapnya saat menjadi pembicara Vaksin HPV Bagi Anak secara virtual, Kamis (3/8/2023).

Dikutip dari laman Pemprov Kaltim, Menurutnya, pelaksanaan vaksin HPV dosis pertama sendiri akan dilakukan di sekolah, sementara dosis kedua jaraknya enam sampai 12 bulan. Heny memastikan vaksin HPV tersebut bisa diperoleh secara gratis dari pemerintah.

Sementara bagi anak-anak yang tidak bersekolah, akan mendapat perlakuan yang sama karena program ini bertujuan mencegah terjadinya kanker serviks pada perempuan.

"Pemerintah bertugas untuk memastikan semua anak perempuan mendapatkan vaksin HPV," katanya.

Dia juga menyebutkan pencanangan vaksin HPV pada 8 Agustus 2023 serentak se Kaltim. Ia pun memastikan bahwa vaksin HPV yang disediakan pemerintah memiliki kualitas keamanan dengan mutu yang terjaga.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut