get app
inews
Aa Read Next : Polres Berau Ungkap Penyelundupan 2,3 Ton Pertalite, Pelaku Raup Untung Jutaan Rupiah

Premium Hilang di SPBU, Pemerintah Bakal Subsidi Pertalite

Rabu, 19 Januari 2022 | 23:00 WIB
header img
BBM Premium Dihapus (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Penghapusan bahan bakar minyak (BBM) jenis premium bakal diikuti dengan pemberian subsidi untuk BBM jenis pertalite. Kementerian ESDM menyatakan, subsidi disiapkan karena bensin merupakan salah satu komponen campuran pertalite.

Dirjen Minyak dan Gas Tutuka Ariadji mengatakan premium secara alami akan menghilang tergantikan dengan BBM yang lebih ramah lingkungan.

"Kalau Premium itu secara natural akan habis, kemudian Pertalite akan muncul," ujarnya dalam konferensi pers, Rabu (19/1/2022).

Lanjutnya, sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) No. 117 tahun 2021 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Presiden No.191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM, pemerintah bisa memberi kompensasi penjualan BBM Khusus Penugasan. Premium adalah salah satu komponen campuran Pertalite, yang nantinya bisa disubsidi.

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Soerjaningsih menambahkan pemberian subsidi dilakukan untuk meningkatkan penggunaan BBM ramah lingkungan di masyarakat, namun tidak menyulitkan secara finansial.

"Kami mengharapkan adanya perbaikan kualitas BBM yang dipakai masyarakat, namun tetap menjaga affordability-nya. Terkait yang saat ini beredar di masyarakat, untuk Pertalite nanti Pertamina akan mendapat kompensasi," ujarnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut