get app
inews
Aa Read Next : Pohon Eukaliptus dan Akasia Dominasi IKN Nusantara, Ibu Kota Baru Akan Dihijaukan Jadi Hutan Tropis

Hijaukan Sempadan Sungai Karang Mumus, Pemkot Samarinda Tanam 222 Pohon

Rabu, 19 Januari 2022 | 21:11 WIB
header img
Pemkot Samarinda akan melakukan penghijauan di sempadan Sungai Karang Mumus. (foto: abriandi)

SAMARINDA, iNews.id - Pemkot Samarinda melakukan penghijauan di sepanjang sempadan Sungai Karang Mumus (SKM). Sebanyak 222 bibit pohon disiapkan dan rencananya ditanam Sabtu (29/1/2022). 

Wakil Wali Kota (Wawali) Samarinda Rusmadi mengungkapkan, penanaman pertama akan dilakukan di area Jembatan Gelatik sisi Universitas Mulawarman (Unmul) sepanjang 700 meter.

“Sudah ada 222 bibit pohon yang telah kita persiapkan untuk ditanam saat penghijauan nanti. Ada ulin, angsana, dan trembesi. Masing-masing 74 pohon,” kata dalam rapat aksi penghijauan sepanjang SKM, Rabu (19/1/2022).

Rusmadi mengatakan, penanaman pohon ini tidak semata untuk penghijauan saja. Lebih dari itu, diharapkan tidak ada lagi aktivitas pembangunan permukiman di titik tersebut seperti sebelumnya.

"Dinas PUPR Kaltim siap memfasilitasi dengan memasang plang imbauan terkait larangan membangun, membuang sampah, dan merusak tanaman sesuai Perda.
Aksi ini sebagai upaya kita dalam mengamankan sepadan sungai,” tegasnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Samarinda Nurrahmani menambahkan, aksi penghijauan ini melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkot, Pemprov, maupun Kementerian. Mulai dari menyediakan bibit tanaman, membersihkan area, hingga membuat lubang untuk mempermudah proses penanaman.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut