get app
inews
Aa Read Next : Panduan dan Tata Cara Berkunjung ke IKN Nusantara untuk Umum, Wajib Daftar Online!

Jokowi Resmikan Pusat Persemaian Mentawir, Produksi 16 Juta Bibit Tanaman per Tahun

Rabu, 05 Juni 2024 | 10:22 WIB
header img
Presiden Joko Widodo meresmikan Pusat Persemaian Skala Besar Mentawir di Sepaku, Penajam Paser Utara. (foto: setpres)

SEPAKU, iNewsKutai.id - Pusat Persemaian Skala Besar Mentawir di Sepaku, Penajam Paser Utara diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (4/6/2024). Persemaian ini mampu memproduksi 16 juta bibit tanaman per tahaun.

Bibit yang diproduksi di persemaian ini akan digunakan untuk menghijaukan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang merupakan area hutan tanaman industri dan wilayah Kalimantan Timur pada umumnya.

Persemaian ini sekaligus untuk mendukung program penanaman sejuta pohon sebagai sumber bibit tanaman. Belum lagi upaya-upaya rehabilitasi serta restorasi hutan dan reklamasi lahan bekas tambang yang membutuhkan bibit tanaman.

Jokowi mengatakan, persemaian ini merupakan sebuah langkah penting dalam upaya pemerintah melakukan rehabilitasi hutan dan penanaman kembali di Indonesia.

Selain dikembangkan tanaman cepat tumbuh serta pohon buah-buahan, Persemaian Mentawir juga menyediakan bibit tanaman endemik seperti meranti, kapur, ulin, bengkirai dan sejenisnya.

"Pohon-pohon endemik, tanaman-tanaman endemik yang ada di Kalimantan, semuanya ada di Persemaian Mentawir ini baik meranti, kapur, tengkawang, ulin, bangkirai. Juga akan ditanam di beberapa titik untuk makanan satwa, makanan burung, sehingga muncul kembali satwa-satwa yang dulunya sudah berkurang atau enggak ada menjadi ada," jelas Jokowi.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut