get app
inews
Aa Read Next : Indonesia Tengah dan Timur Diguncang 4 Gempa Besar sepanjang Selasa Dinihari

Korban Tewas Gempa Maroko Capai 1.037 Jiwa, Ribuan Orang Luka-luka

Sabtu, 09 September 2023 | 21:58 WIB
header img
Bangunan luluh lantak akibat gempa di Maroko. (foto: reuters)

RABAT, iNewsKutai.id - Korban tewas akibat gempa Maroko pada Jumat (8/9/2023) malam atau Sabtu (9/9/2023) pagi, terus bertambah. Hingga Sabtu malam, jumlah korban sudah mencapai 1.037 orang.

Kementerian Dalam Negeri Maroko dalam laporannya menyatakan jika korban tewas kemungkinan akan terus bertambah. Demikian halnya korban luka sebanyak yang sudah mencapai 1.200 orang.

Korban paling banyak dilaporkan berada di Marrakesh, kota besar terdekat dengan titik pusat gempa yakni berjarak sekitar 70 km. Tim SAR berpacu dengan waktu menyelamatkan korban yang terjebak di reruntuhan.

Jumlah korban terbilang tinggi karena tergolong dangkal dan bertitik pusat di darat dengan episentrum sekitar 70 km dari kota yang padat penduduk.  

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono mengatakan, gempa tersebut merupakan yang terbesar dalam catatan sejarah yang pernah terjadi di Maroko. 

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalamannya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa kerak dangkal akibat aktivitas sesar aktif di Pegunuungan Atlas, Maroko," jelas Daryono.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut