get app
inews
Aa Read Next : Tampung Aspirasi Driver, Akmal Malik Janji Buat Perda Tarif Ojek Online

Optimisme Konsumen di Kaltim Meningkat, Ini Faktor Pendorongnya

Rabu, 13 September 2023 | 06:01 WIB
header img
Survei Konsumen di Kaltim pada Agustus 2023 mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap kuat. (Foto: Ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Survei Konsumen (SK) Kalimantan Timur (Kaltim) pada Agustus 2023 mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap kuat. 

Optimisme tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) mencapai 143,4, berada pada zona optimis (>100). Berdasarkan komponen pembentuk, IKK yang tetap kuat bersumber dari menguatnya Indeks Ekonomi Saat ini (IKE) sebesar 138,8 dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) sebesar 148,0.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kaltim Budi Widihartanto mengatakan, keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat berada pada zona optimis sebesar 138,8.

Optimisme akan indeks pembelian barang tahan lama sebesar 141,0, indeks penghasilan saat ini sebesar 138,8, dan indeks ketersediaan lapangan kerja dengan capaian 123,0.

Indeks pembelian barang tahan lama yang masih kuat didorong peningkatan belanja furniture dan perabotan rumah tangga, serta perhiasan. Menurutnya, indeks penghasilan saat ini tetap kuat karena didorong ketersediaan lapangan kerja seiring kondisi ekonomi yang melanjutkan tren perbaikan.

"Ekspektasi konsumen ke depan di Kalimantan Timur juga terpantau masih tetap kuat sebesar 148,0," jelas Budi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (12/9/2023).

Hal tersebut lanjutnya, bersumber dari ekspektasi konsumen terhadap penghasilan, kegiatan usaha, dan ketersediaan lapangan kerja yang masing-masing tercatat sebesar 148,0, 144,5, dan 150,0. Ekspektasi positif konsumen terhadap penghasilan didorong oleh perkiraan peningkatan gaji atau upah.

Sementara itu, kuatnya ekspektasi konsumen terhadap kegiatan usaha didorong oleh peningkatan subsidi/insentif pemerintah dan harga yang terkendali. Ekspektasi ketersediaan lapangan kerja juga tetap terjaga seiring prakiraan perbaikan kondisi ekonomi ke depan, peningkatan proyek pemerintah/swasta, dan kemudahan akses kredit ke perbankan.

Optimisme konsumen tersebut diharapkan mampu diimbangi kondusivitas perekonomian Kaltim melalui pembangunan ekonomi yang menyeluruh untuk Kalimantan Timur yang lebih berdaulat.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut