get app
inews
Aa Read Next : Dear Mi Instan Lovers, Sayangi Ginjalmu, Segera Batasi Konsumsi Mi Instan

Gejala dan Penyebab Kanker Ginjal, Bisa Dilihat dari Warna Urine

Selasa, 26 September 2023 | 09:56 WIB
header img
Gejala dan penyebab gagal ginjal wajib diwaspadai. (foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Kanker ginjal menjadi salah satu penyakit yang patut diwaspadai saat ini. Jika terlambat dideteksi, kanker bisa menyebar ke organ lain dan mengancam nyawa.

Salah satu pesohor Tanah Air, Vidi Aldiano menjadi salah satu orang yang mengindap kanker ginjal. Penyanyi solo pria itu harus menjalani operasi di Singapura beberapa waktu lalu.

Namun, pelantun Nuansa Bening itu memberikan kabar kurang mengenakkan dan menyebut kanker ginjal yang diidapnya sudah menyebar ke beberapa titik di tubuhnya sejak tahun lalu. 

"Banyak yang belum tahu bahwa tahun lalu, titipan Tuhan berupa kanker ini sudah menyebar ke beberapa titik, sehingga mengharuskan gue akhirnya punya appointment spa day ini tiap 3 minggu," tulis Vidi diakun media sosialnya dikutip Selasa (26/9/2023). 

Pelajaran penting yang wajib diambil dari pengalaman Vidi tersebut adalah pentingnya mendeteksi sejak dini kanker ginjal. Pada orang dewasa, karsinoma sel ginjal merupakan jenis kanker yang paling umum terjadi.

Seperti kanker pada umumnya, kanker ginjal biasanya tidak menunjukkan gejala pada tahap awal. Namun, seiring penyakit tersebut berkembang, muncul sejumlah gejala yang bisa dideteksi. 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut