get app
inews
Aa Read Next : Biadab! Militer Israel Tembak Satu-satu Pasien di Rumah Sakit Gaza dengan Tangan Terikat 

Operasi Badai Al Aqsa Bikin Iron Dome Kebobolan, Ribuan Roket Hamas Hantam Kota di Israel

Sabtu, 07 Oktober 2023 | 22:15 WIB
header img
Petugas penyelamat Israel berusaha memadamkan api yang membakar sejumlah mobil akibat serangan roket Hamas. (foto: sky news)

TEL AVIV, iNewsKutai.id - Sistem pertahanan udara Israel, Iron Dome dibuat tidak berkutik pejuang Palestina saat menggelar serangan mendadak pada Sabtu (7/10/2023) pagi. Akibatnya, ribuan roket yang diluncurkan Hamas menghantam kota-kota di Israel.

Serangan pejuang Palestina yang diberi nama Badai Al Aqsa itu dilakukan dari darat dan udara. Dari darat, pasukan Hamas menerobos perbatasan dan menyerang dari udara dengan roket.

Dari foto-foto yang beredar, roket menghancurkan permukiman di Israel. Puluhan mobil di Kota Ashkelon terbakar terkena hantaman roket. Sejumlah gedung juga terbakar terkena hantaman roket.

Bahkan, serangan roket pejuang Palestina menjangkau ibu kota Israel, Kota Tel Aviv. Padahal, jaraknya cukup jauh dari perbatasan dengan Gaza.

Kementerian Kesehatan Israel menyatakan jika 40 orang warga tewas dan ratusan lainnya luka-luka akibat serangan tersebut. Koresponden Al Jazeera, melaporkan pemerintah Israel telah mengkonfirmasi bahwa jumlah warga Israel yang terbunuh telah meningkat menjadi setidaknya 40 orang.

"Jumlah yang dilaporkan sebelumnya oleh layanan darurat, adalah 22. Lebih dari 750 warga Israel terluka,” demikian laporan Al Jazeera.

Mohammad Deif, Komandan militer Hamas yang selama ini menguasai Jalur Gaza mengatakan, pihaknya meluncurkan 5.000 roket ke Israel dalam serangan yang diberi nama operasi Badai Al Aqsa tersebut.

Hal ini diduga menjadi penyebab sistem pertahanan Iron Dome kewalahan menghalau serangan roket. Banyaknya jumlah roket yang ditembakkan pejuang Palestina tidak sebanding dengan jumlah rudal pertahanan udara Israel.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut