get app
inews
Aa Read Next : Wali Kota Andi Harun Tarik Kas Daerah Samarinda dari Bank Kaltimtara, Ada Apa?

Wali Kota Andi Harun Kaget Pegawai Honorer Pemkot Samarinda hanya Digaji Rp1 Juta per Bulan

Senin, 09 Oktober 2023 | 19:51 WIB
header img
Wali Kota Samarinda Andi Harun berjanji menaikkkan gaji pegawai honorer dan TPP Aparatur Sipil Negara. (foto: ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Wali Kota Samarinda Andi Harun mengaku kaget dengan honor yang diterima pegawai honorer Pemkot Samarinda. Penyebabnya, saat baru pertama menjabat, dia mendapat laporan pegawai kontrak hanya mendapatkan gaji Rp1 juta per bulan. 

Jumlah tersebut jauh di bawah Upah Minimum Regional (UMR) Kota Samarinda yang saat ini mencapai Rp3,3 juta per bulan. Menurutnya, honor yang diterima tidak mencukupi untuk biaya hidup sehari-hari.

"Kemarin saya kaget waktu jadi wali kota ada pegawai honor yang gajinya hanya Rp 1 juta lebih. Mana mampu hidup itu,” ujar Wali Kota Andi Harun saat memimpin apel pagi di lingkungan Balai Kota Samarinda, Senin (9/10/2023).

Dikutip dari laman Pemkot Samarindan, Andi Harun mengatakan, gaji Rp1 juta mungkin masih mencukupi beberapa tahun lalu dan masih ada ada harapan menjadi PNS. Namun, jika diaktuliasaikan saat ini, honorer tersebut sangat rendah.

Karena itu, dia mengaku berencana menaikkan gaji pegawai honorer di lingkup Pemkot Samarinda dalam jumlah lebih layak. Minimal menyamai UMR Kota Samarinda.

"Saya berniat mudah-mudahan yang melanjutkan kepemimpinan ini juga memahami. Kita berniat minimal UMR untuk gaji honorer. Saya benar-benar tidak bisa memahami, saya prihatin tetapi, saya baru dua tahun. Seharusnya sudah lama dikonstruksi kenaikan gaji itu secara bertahap," ujarnya. 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut