get app
inews
Aa Read Next : KPU Tetapkan 55 Anggota DPRD Kaltim Terpilih, Partai Golkar Raih Kursi Terbanyak

Pendaftaran Capres-Cawapres Dibuka, Ganjar-Mahfud dan Anies-Cak Imin Kompak Daftar ke KPU Hari Ini

Kamis, 19 Oktober 2023 | 08:35 WIB
header img
Dua pasangan bakal calon presiden-wakil presiden mendaftar ke KPU hari ini. (foto: dok MPI)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi membuka pendaftaran bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk Pemilu 2024 mulai Kamis (19/10/2023), hari ini.

Ada dua pasangan calon yang akan memanfaatkan hari pertama pendaftaran ke KPU yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Hal itu diketahui dari sudah pemberitahuan pendaftaran kedua pasangan calon. Pasangan Anies-Cak Imin yang didukung Partai Nasdem, PKB, dan PKS rencananya mendaftar pukul 08.00 WIB.

“Iya benar KPU sudah terima (surat rencana pendaftaran). (Mendaftar) Kamis 19 Oktober,” ucap Ketua Divisi Teknis KPU, Idham Holik, Rabu (18/10/2023).

Sementara paslon Ganjar-Mahfud yang didukung PDIP, Partai Perindo, PPP, dan Hanura rencananya bakal mendatangi KPU pada pukul 11.00 WIB.  

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP, Hasto Kristiyanto menyebut jika parpol pendukung akan memeriahkan pendaftaran Ganjar-Mahfud ke Gedung KPU. Seluruh relawan dan pendukung akan berkumpul di Tugu Proklamasi terlebih dahulu. 

"Kita akan mendaftar diiringi oleh seluruh komponen dari PDI Perjuangan, PPP, Perindo, Hanura, para relawan, dan masyarakat," ujarnya. 

Hasto juga mengaku akan ada element of surprise yang akan ditampilkan dalam rangkaian pendafataran. Namun dia enggan mengungkapkan apa desain yang dimaksud. 

"Sudah dirancang tokoh seniman, dan budayawan ikut mendesain. Aspek-aspek kemanusiaan itu akan sangat mewarnai, aspek kerakyatan itu akan sangat mewarnai kedua pasangan ini," tuturnya. 

Sementara Juru Bicara Anies Baswedan, Sudirman Said mengatakan pendaftaran Anies-Cak Imin akan dimeriahkan dengan seni budaya seperti Tanjidor, Reog Ponorogo, dan Barongsai. 

"Kami menyadari mengurus kekuasaan adalah amanah besar, amanah yang sangat penting. Karena itu yang kita kerjakan tidak saja mengetuk pintu-pintu masyarakat tapi juga mengetuk langit dengan doa," pungkas Sudirman.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id pada 19 Oktober 2023

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut