get app
inews
Aa Read Next : FIFA Hukum Persija Larangan Transfer Pemain

Resmi! Arab Saudi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Rabu, 01 November 2023 | 11:24 WIB
header img
Arab Saudi terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034. (Foto: ilustrasi/Istimewa)

ZURICH, iNewsKutai.id – FIFA resmi menunjuk Arab Saudi sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034. Hal itu diumumkan Presiden FIFA Gianni Infantino melalui akun Instagram pribadinya, Rabu (1/11/2023).

Arab Saudi sebelumnya resmi mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Awalnya, Saudi bersaing dengan Australia yang juga tertarik untuk menjadi penyelenggara ajang tersebut. 

Belakangan, Australia menyatakan mundur dari proses bidding. Mereka memilih fokus mempersiapkan diri menjadi tuan rumah Piala Asia Wanita 2026 dan Piala Dunia Antarklub 2029. 

FIFA akhirnya menunjuk Arab Saudi sebagai tuan rumah. Infantino menjelaskan, penunjukan tersebut karena tiga edisi Piala Dunia ke depan, yakni 2026. 2030, dan 2034 akan berlangsung di lima benua dan 10 negara. 

“Piala Dunia 2026 akan digelar di Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat pada 2026 di Amerika Utara. Dua edisi berikutnya Piala Dunia FIFA akan diselenggarakan di Afrika (Maroko) dan Eropa (Portugal dan Spanyol) dengan tiga pertandingan dimainkan di Amerika Selatan (Argentina, Paraguay, dan Uruguay) pada 2030, dan di Asia (Arab Saudi) pada 2034,” tulis Infantino dalam akun instagramnya, Rabu (1/11/2023). 

Menurutnya, tiga edisi piala dunia dengan 10 negara yang terlibat akan menjadikan sepak bola benar-benar mendunia,” sambungnya.

Menurutnya, proses pengajuan telah disetujui FIFA dan enam konfederasi. Dia pun menyambut baik gelaran Piala Dunia yang akan digelar pada lima benua dalam tiga edisi ke depan. 

Infantino menilai, hal tersebut positif bahwa sepak bola menyatukan dunia. 

“Sepak bola menyatukan dunia tidak seperti olahraga lainnya, dan Piala Dunia FIFA adalah pertunjukan yang sempurna untuk menyampaikan pesan persatuan dan inklusi, serta memberikan ilustrasi penting tentang bagaimana budaya yang berbeda dapat bersatu dan dapat belajar serta lebih memahami satu sama lain,” ucapnya. 

Dia menambahkan, hal itu penting di tengah kondisi global yang semakin terpecah dan agresif.

"Sekali lagi kami menunjukkan bahwa sepak bola, olahraga global terkemuka, dapat bersatu dengan sangat baik. Kita semua membutuhkan momen persatuan ini dan Piala Dunia FIFA yang akan datang memberikan kekuatan unik untuk kebaikan dalam hal ini,” pungkasnya. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut