get app
inews
Aa Read Next : Polsek Kota Bangun Ringkus 3 Pengedar Narkoba dalam Sepekan, 54 Paket Sabu Disita

Kutai Kartanegara Terima DIPA Rp7,3 Triliun, Terbesar di Kaltim

Rabu, 13 Desember 2023 | 13:57 WIB
header img
Pemkab Kutai Kartanegara menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2024 sebesar Rp7,4 triliun. (foto: ilustrasi/MPI)

TENGGARONG, iNewsKutai.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2024 sebesar Rp7,4 triliun.

DIPA tersebut diterima secara simbolis oleh Sekda Kukar Sunggono secara digital yang diserahkan Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik di Pendopo Odah Etam Propinsi Kaltim, Selasa (12/12/2023).

Tidak hanya DIPA, Kukar juga menerima dana bagi hasil pajak daerah sebesar Rp744 miliar dan bantuan keuangan provinsi sebesar Rp58 miliar.

Sunggono mengatakan, jumlah DIPA yang diterima Kukar sudah sesuai prediksi dan telah mengalami peningkatan dari tahun 2023. Dia berharap besaran anggaran tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk kesejahteraan masyarakat Kukar.

“Mudahan–mudahan ini bisa kami maksimalkan pemanfaatannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kukar melalui pembangunan diberbagai sektor,"katanya dikutip Rabu (13/12/2023).

Sebelumnya, untuk tahun 2023, Pemkab Kukar menerima DIPA sebesar Rp5,9 triliun

Sementara itu, Pj Gubernur Akmal Malik mengaku bersyukur dana alokasi transfer tahun 2024 mengalami kenaikan yang signifikan. Menurutnya, kenaikan anggaran ini mengandung konsekuensi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Menurut dia, anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) fungsinya bukan semata alokasi distribusi, tetapi lebih pada fungsi prosperity atau mendorong terciptanya kesejahteraan.

Kenaikan alokasi anggaran diakuinya, salah satu bentuk perhatian pemerintah pusat kepada Benua Etam, seiring ditunjuknya Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

“Kita berharap kenaikan angka-angka ini berkontribusi terhadap naiknya indikator makro yang ada dalam RPJMD dan RKPD 2024-2026 yang telah kita susun bersama,” harapnya.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut