get app
inews
Aa Read Next : Dua Tahun Lagi, Kaltim Jadi Produsen Baterai Mobil Listrik

Tungku Smelter Nikel Meledak, 5 TKA China dan 8 Pekerja Lokal Tewas

Minggu, 24 Desember 2023 | 18:41 WIB
header img
Korban ledakan tungku smelter nikel di IMIP Morowali, Sulawesi Tengah, Minggu (24/12/2023). (foto: ist)

MOROWALI, iNewsKutai.id - Tungku smelter nikel di kawasan Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) Morowali, Sulawesi Tengah, meledak pada Minggu (24/12/2023).

Akibatnya, 5 Tenaga Kerja Asing (TKA) China dan delapan pekerja lokal tewas akibat luka bakar cukup parah. Saat kejadian, pekerja Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) itu sedang memperbaiki tungku.

Namun, tiba-tiba salah satu dari lima tungku smelter PT ITSS itu mengeluarkan api dan meledak. Video ledakan tungku smelter itu viral di media sosial.

Dalam rekaman terlihat pekerja panik menyelamatkan diri. Beberapa di antaranya berusaha menyelamatkan rekannya yang mengalami luka bakar di sekujur tubuh.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, puluhan pekerja mengalami luka-luka dalam insiden tersebut.

"Ada sekitar 50-an korban dan sejauh ini 13 meninggal dunia. Lima di antaranya WNA China, dan delapan warga negara Indonesia (WNI)," ungkap Kapolda Sulawesi Tengah, Irjen Pol Agus Nugroho yang langsung meninjau ke lokasi kejadian. 

Polda Sulawesi Tengah telah menerjunkan Tim Investigasi serta Tim DVI untuk mencari tahu penyebab kebakaran dan mengidentifikasi korban korban. Polisi masih terus melakukan pengumpulan data korban yang meninggal dunia maupun luka-luka. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut