get app
inews
Aa Read Next : Terima Kasih Tim Garuda!

Dicukur Iran 5 Gol, Sinyal Bahaya Timnas Indonesia Jelang Piala Asia 2023

Rabu, 10 Januari 2024 | 07:56 WIB
header img
Tim nasional Indonesia dicukur 5 gol tanpa balas oleh Iran dalam laga uji coba yang digelar di Al Rayyan Sports Club, Doha, Qatar. (foto: pssi)

Menilik hasil uji coba selama pemusatan latihan jelang Piala Asia 2023, timnas Indonesia tidak pernah menang. Asnawi Mangkualam dkk dua kali dikalahkan Libya masing-masing 0-4 dan 1-2.

Hasil lebih buruk diraih saat melawan Iran setelah takluk 5 gol tanpa balas. Salah satu kontestan di Grup D bahkan sebelumnya mencukur timnas Indonesia dengan hasil serupa pada kualifikasi Piala Dunia 2026.

Kekalahan ini tentunya menjadi sinyal bahaya bagi timnas Indonesia. Apalagi, Shin Tae-yong dibebani target tinggi oleh PSSI untuk bisa membawa anak asuhnya minimal menembus babak 16 Besar Piala Asia 2023. 

Dari tiga tim yang akan menjadi lawan di Grup D, hanya Vietnam yang bisa dibilang selevel dengan timnas Indonesia. Fakta lainnya, skuad Merah Putih menjadi tim FIFA dengan rangking terendah.

Shin Tae-yong harus bekerja keras membenahi kelemahan anak asuhnya terutama di area pertahanan dan penyerangan. Jika tidak, Indonesia hanya akan menjadi tim penggembira setelah absen selama 17 tahun dari Piala Asia.

Timnas sendiri akan memulai perjuangannya saat melawan Irak 15 Januari 2024. Setelah itu, skuad Garuda akan bertarung melawan tim sesama dari Asean, Vietnam, empat hari kemudian.

Jepang yang menjadi kandidat kuat juara Piala Asia 2023 akan menjadi lawan terakhir timnas Indonesia  pada 24 Januari mendatang.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut