get app
inews
Aa Read Next : Pendaftaran Beasiswa Kaltim Tuntas 2024 Dibuka, Target 31.044 Penerima

Pemerintah Setop Anggaran Beasiswa LPDP, Ada Apa?

Jum'at, 19 Januari 2024 | 14:04 WIB
header img
Pemerintah akan menyetop anggaran beasiswa LPDP yang saat ini sudah mencapai Rp140 triliun. (foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Kabar buruk bagi peminat beasiswa lembaga pengelola dana pendidikan (LPDP). Pemerintah berencana menyetop alokasi anggaran beasiswa LPDP.

Menko PMK Muhadjir Effendy menyatakan, anggaran pendidikan 20 persen bisa digunakan untuk membenahi termasuk riset dan alokasi beasiswa serta peningkatan pendidikan perguruan tinggi. 

"Sudah ditinjau apa harus diteruskan (beasiswa) LPDP itu dengan jumlah anggaran yang sudah hampir Rp140 Triliun itu. Jadi mungkin disetop dulu," jelas Muhadjir dalam keterangannya, dikutip Jumat (19/1/2024).

Muhadjir mengatakan, anggaran tersebut akan difokuskan untuk vokasi bahkan S2. Hal itu dilakukan untuk mempersiapkan angkatan kerja yang kompatibel dengan perkembangan dan perubahan lapangan kerja. 

"Setiap tahun 20 persen anggaran pendidikan itu disisihkan sekitar Rp20 triliun di dalam dana abadi. Sekarang numpuk sekitar Rp136 triliun. Kemarin dibahas apakah perlu ditambah lagi tiap tahun? Apakah tidak itu saja dulu. Sebanyak 20 persen akan difokuskan untuk pendidikan dan riset," ungkapnya. 

Meski alokasi anggaran dihentikan, Muhadjir memastikan program beasiswa LPDP tetap dilanjutkan. 

"Saya juga kan ketua dewan penyantun, kemarin kita sepakati harus berani investasi ke tempat yang agak berisiko tetapi memang juga menguntungkan. Yang penting risikonya terukur," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id pada Kamis 18 Januari 2024

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut