get app
inews
Aa
Read Next : Kupas Lahan Milik Warga, Tiga Penambang Batu Bara Ilegal Ditangkap Polisi

5 Daerah Penghasil Batu Bara di Indonesia, Kalimantan Timur Urutan Pertama

Selasa, 23 Januari 2024 | 13:47 WIB
header img
Lima daerah penghasil batu bara terbesar di Indonesia. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Batu bara menjadi salah satu komoditas ekspor utama Indonesia. Tercatat, ada lima daerah yang menjadi penghasil batu bara termasuk Kalimantan Timur.

Batu bara sejauh ini masih menjadi primadona ekspor dan menjadi sumber pendapatan negara. Batu bara digunakan sebagai sumber energi untuk pembangkit listrik, semen, pupuk, tekstil, dan metalurgi. 

Menurut data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), bahan bakar fosil yang terbentuk dari tumbuhan yang telah mengalami pembusukan selama jutaan tahun banyak terdapat di Indonesia.  

Indonesia memiliki sumber daya sebesar 143,7 miliar ton, dengan cadangan batu bara sebesar 38,84 miliar ton. Rata-rata produksi batu bara nasional mencapai 600 juta ton per tahun.

Pasokan baru bara Indonesia diprediksi mencukupi untuk 65 tahun ke depan jika tidak ada penemuan cadangan baru. Dilansir iNews.id dari berbagai sumber, Selasa (23/1/2024), cadangan batu bara terbesar ini ditemukan di lima provinsi berikut ini.

5 Daerah Penghasil Batu Bara Terbesar di Indonesia

1. Kalimantan Timur 

Cadangan batu bara Kaltim mencapai 13,61 miliar ton atau terbesar di Indonesia. Batu bara bisa ditemukan di Paser, Samarinda, Kutai Kartanegara, Berau, Kutai Timur, dan Kutai Barat.

2. Sumatera Selatan 

Cadangan batu bara terbesar kedua di Indonesia dipegang Sumatera Selatan dengan 9,29 miliar ton. Lahat, Muara Enim, Musi Banyuasin, Ogan Komering Ilir, dan Ogan Komering Ulu merupakan daerah penghasil batu bara di provinsi tersebut. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut