get app
inews
Aa Read Next : Polsek Kota Bangun Ringkus 3 Pengedar Narkoba dalam Sepekan, 54 Paket Sabu Disita

Kecewa Tuntutan Tak Direspons, Massa Adat Kutai Cat Kuning Jembatan Teluk Dalam

Minggu, 06 Februari 2022 | 20:41 WIB
header img
Massa adat Kutai mengembalikan warna jembatan Teluk Dalam menjadi kuning. (foto: ist)

TENGGARONG, iNewsKutai - Massa adat Kutai, Remaong Kutai Berjaya membuktikan ancamannya akan mengembalikan warna kuning jembatan di Kutai Kartanegera. Pengecatan dimulai di jembatan Teluk Dalam Minggu (6/2/2022) siang.

Dalam aksi tersebut, terlihat ratusan massa bergotong royong mengecat pembatas jembatan dengan warna kuning. Sebelumnya, pagar jembatan dicat merah oleh Pemkab Kukar termasuk Jembatan Kutai Kartanegara yang terletak sekita 500 meter dari lokasi.

Aksi yang dijaga ketat aparat kepolisian ini diduga imbas dari buntunya mediasi antara massa Adat Kutai dengan Pemkab Kukar yang bersikukuh mengubah warna jembatan termasuk sejumlah fasilitas publik termasuk Jam Bentong dengan warna merah. 

Massa Adat Kutai bersikeras tidak merestui perubahan warna jembatan. Alasannya, kuning adalah sakral karena merupakan warna kesultanan Kutai dan sudah lazim digunakan di Kukar. 

"Kami memberikan waktu dua minggu saat mediasi di Polres Kukar tapi ternyata tidak ada tindak lanjut dari Pemkab. Jadi kami melakukan pengecatan sendiri," jelas Ketua Remaong Kutai Berjaya Hebby Nurlan Arafat.

Dia menegaskan, pengecatan jembatan Teluk Dalam hanya tahap awal. Selanjutnya, langkah serupa akan dilakukan pada fasilitas umum yang telah diubah menjadi merah seperti Jembatan Kutai Kartanagera dan Jam Bentong.

"Untuk Jembatan Kutai Kartanegara, kita berikan kesempatan pemborongnya menyelesaikan setelah itu kita masuk melakukan pengecetan ulang menjadi kuning," tegasnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut