get app
inews
Aa Read Next : Resmi! Klub Korea Selatan Suwon FC Umumkan Rekrut Pratama Arhan

Dua Insinyur Indonesia Dituduh Curi Teknologi Jet Tempur Canggih Korsel KF-21

Minggu, 04 Februari 2024 | 11:58 WIB
header img
Dua insinyur Indonesia dituduh mencuri teknologi jet tempur multiperan canggih KF-21 Korea Selatan. (foto: ilustrasi/ist)

SEOUL, iNewsKutai.id - Dua insinyur Indonesia dituduh mencuri teknologi jet tempur multiperan canggih KF-21 Korea Selatan. Ilmuwan yang belum diumumkan identitasnya kini sudah ditahan dan menjalani pemeriksaan intensif.

Administrasi Program Akuisisi Pertahanan (DAPA) Korsel menyatakan, kedua insinyur tersebut ditugaskan untuk mengerjakan proyek KF-21 di Korea Aerospace Industries (KAI). 

DAPA menyebut, insinyur Indonesia diduga mencoba menyimpan data rahasia dari proyek KF-21 pada perangkat USB. 

"Mereka dilarang meninggalkan Korea dan sedang dilakukan investigasi bersama oleh Badan Intelijen Nasional untuk mengklarifikasi rincian mengenai dugaan pencurian teknologi oleh warga Indonesia,” kata pejabat DAPA kepada wartawan, seperti dikutip dari Korea JoongAng Daily, Sabtu (3/2/2024). 

Pejabat menjelaskan, penyelidikan difokuskan untuk mengidentifikasi dokumen spesifik yang coba dicuri para insinyur Indonesia. Drive USB yang diamankan sebagian besar berisi dokumen umum yang tidak terkait dengan teknologi strategis yang mungkin melanggar undang-undang tentang rahasia militer atau teknologi pertahanan. 

Sumber lain yang mengatakan penyelidikan berfokus pada data yang disimpan di perangkat USB mengandung teknologi strategis yang terkait dengan pengembangan KF-21, yang juga dikenal sebagai Boramae. 

Penyidik juga menyelidiki kemungkinan insinyur Indonesia melibatkan kaki tangan internal mengingat akses ke zona tertentu di dalam kompleks KAI dibatasi. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut