get app
inews
Aa Read Next : Tampung Aspirasi Driver, Akmal Malik Janji Buat Perda Tarif Ojek Online

Kaltim Peringkat 5 Indeks Kerawanan Pemilu 2024, Begini Antisipasi Pemprov

Rabu, 07 Februari 2024 | 09:30 WIB
header img
Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik menyebut kerawanan pemilu 2024 di Kaltim peringkat 5 nasional. (foto: ist/pemprov kaltim)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Indeks kerawanan pemilu 2024 di Kaltim menempati peringkat nasional. Pemprov pun sudah menyiapkan langkah antisipasi untuk memastikan pesta demokrasi lima tahunan berjalan lancar.

Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik mengungkapkan, Bawaslu telah merilis indeks kerawanan pemilu serentak 2024 beberapa waktu lalu. Hasilnya, Kaltim berada di peringkat lima di bawah DKI Jakarta, Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Jawa Barat.

Penilaian itu menjadi penanda dan peringatan bagi  pemerintah, parpol dan penyelenggara pemilu serta aparat keamanan serta masyarakat untuk menjamin demokrasi nasional berjalan aman damai dan berintegritas.

Akmal pun menyerukan kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kerawanan dalam proses pemilu serentak yang akan datang.

"Sebagai daerah provinsi yang memiliki karateristik yang heterogen dan lokasinya dekat IKN sangat wajar tentunya Kaltim menjadi perhatian khusus, sehingga berbagai penilaian menempatkan daerah ini sebagai daerah rawan pemilu 2024," ungkap Akmal dalam Rapat Koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah se-Kaltim 2024, Selasa (6/2).

"Kita harus bersyukur kedewasaan berdemokrasi, berpolitik relatif bagus, karena warga kaltim mampu membangun harmonisasi dan menjadi daerah yang tetap kondusif dalam tahapan pemilu dan pilkada,"tegasnya.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto menambahkan pihak kepolisian telah melakukan evaluasi, mungkin ada beberapa tempat yang dulu pernah ada komplain, serta karena faktor alam.

“Kami imbau ke masyarakat untuk ikut aktif menyukseskan dan jaga Kaltim. Silahkan beda pilihan tapi setelah itu selesai kita bersama-sama bergandeng tangan untuk mewujudkan kesejahteraan khususnya di Kaltim,” pintanya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut