get app
inews
Aa Read Next : Jual Konten Dewasa di Media Sosial, Gadis Asal Balikpapan Terancam 12 Tahun Penjara

Fitur Security Checkup Instagram Cegah Peretasan, Ini Cara Mengaktifkannya

Rabu, 09 Februari 2022 | 07:55 WIB
header img
Instagram semakin aman dengan fitur security check up. (Foto: Unsplash)

MOUNTAIN VIEW, iNewsKutai - Tingkat keamanan Instagram kini semakin baik. Jejaring sosial milik Meta ini akan mengaplikasikan Security Checkup, fitur baru yang mencegah kemungkinan akun diambilalih peretas. 

Fitur ini sebenarnya sudah ada sejak tahun lalu namun hanya diberikan kepada pemilik akun yang diretas. Namun, saat ini, fitur keamanan tersebut sudah tersedia untuk semua pengguna meskipun pengaplikasiannya agak sulit. 

Security Checkup mengajarkan pengguna Instagram untuk mengamankan akun mereka termasuk memeriksa aktivitas login, meninjau informasi profil, mengonfirmasi akun yang membagikan informasi login dan memperbarui informasi kontak pemulihan akun (yaitu, nomor telepon, alamat email). 

Fitur baru tersebut dapat ditemukan di menu Profile/Setting/Security/Security Checkup. Untuk membuat akun Instagram Anda lebih aman, disarankan untuk mengaktifkan autentikasi dua faktor (2FA) melalui WhatsApp, yang sudah tersedia di negara-negara tertentu. Fitur 2FA juga dapat digunakan dengan nomor telepon atau aplikasi authenticator seperti Duo Mobile dan Google Authentication. 

Fitur baru penting lainnya yang hadir di Instagram hari ini adalah kemampuan untuk menghapus postingan secara massal. Ini mungkin tampak fitur yang sederhana untuk dimiliki, tetapi Instagram tidak memilikinya sampai saat ini. 

Anda juga dapat mengarsipkan/menghapus cerita, IGTV dan Reels, serta seluruh interaksi Anda seperti komentar, suka, reaksi stiker cerita, dll. Seiring dengan kemampuan untuk menghapus dan mengarsipkan konten secara massal, Instagram juga menambahkan opsi untuk mengurutkan dan memfilter konten dan interaksi berdasarkan tanggal dan mencari komentar, suka, dan balasan cerita sebelumnya dari rentang tanggal tertentu.  

Semua alat untuk mengelola akun Anda ini dapat ditemukan di Profil, pastikan untuk mengetuk di sudut kanan atas dan kemudian pilih "Aktivitas Anda." Terakhir, ada fitur baru yang kini sedang diuji Instagram, yang memungkinkan orang yang kehilangan akses ke akun mereka untuk meminta teman mereka mengonfirmasi identitas mereka dan mendapatkan kembali akses ke akun mereka.  

Sayangnya, tidak ada kabar kapan tepatnya kami akan memiliki akses ke fitur ini. Tapi, detail lebih lanjut segera dijanjikan perusahaan media sosial yang berada di bawah naungan Meta ini, sebagaimana dikutip dari Phone Arena. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut