get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Buka Puasa Tenggarong Kutai Kartanegara dan Sekitarnya Jumat 29 Maret 2024

Bahaya Tidur setelah Makan Sahur, Bisa Memicu Masalah Kesehatan Serius

Rabu, 13 Maret 2024 | 07:35 WIB
header img
Bahaya tidur setelah makan sahur bisa berdampak pada masalah kesehatan serius. (Foto: ilustrasi/istimewa)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Tidur setelah makan sahur bisa berdampak buruk pada kesehatan. Terutama jika tidak dilakukan dengan bijak, bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

Tidur setelah sahur telah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang selama bulan Ramadan, terutama bagi yang bangun untuk makan sahur sebelum imsak atau waktu berpuasa.

"Secara medis, tidur langsung setelah sahur tidak baik untuk kesehatan kita," kata dr. Andi seperti yang dilaporkan dalam YouTube Dokter Andi Official, Selasa (12/3/2024).

Bahaya tidur setelah makan sahur Berikut adalah beberapa bahaya yang perlu diwaspadai akibat tidur setelah sahur.

1. Risiko Diabetes

Tidur langsung setelah makan juga dapat memperburuk kondisi penderita diabetes. Makanan yang masuk ke dalam tubuh belum sepenuhnya dicerna, sehingga bisa menyebabkan peningkatan gula darah dan penumpukan lemak.

2. Gangguan Asam Lambung

Ancaman kedua adalah gangguan asam lambung yang dapat menyebabkan mual, muntah, dan nyeri di ulu hati. Oleh karena itu, dr. Andi menyarankan untuk memberikan jeda beberapa jam setelah makan sebelum tidur.

"Tidur langsung setelah makan akan membuat gejala asam lambung semakin buruk. Apalagi jika perut terlalu kenyang, akan memudahkan asam lambung naik hingga ke kerongkongan saat tidur," katanya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut